Ambon (Antara Maluku) - Ribuan umat Muslim dari berbagai kawasan di Kota Ambon membanjiri Masjid Alfatah Ambon untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1435 Hijriyah, Senin pagi.

Pantauan ANTARA, umat Islam dari berbagai wilayah memadati masjid terbesar di ibu kota provinsi Maluku tersebut hingga meluber ke ruas jalan di sekitarnya guna mengikuti shalat Ied yang dipimpin Imam Masjid Alfatah KH. RR. Hasanusi.

Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan Kota Ambon hadir mengikuti shalat dan duduk pada saf pertama atau di barisan depan, di antaranya Gubernur Maluku Said Assagaff yang bertindak sebagai Khatib, Kapolda Maluku Brigjen Pol. Murad Ismail dan Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina.

Umat yang kebagian tempat di ruas jalan dan halaman masjid harus merogok kocek Rp2.000 untuk membeli koran bekas yang dijual puluhan anak-anak dan wanita untuk dijadikan alas untuk shalat.

Puluhan gelandangan, pengemis dan fakir miskin yang telah "parkir" sejak subuh pada dua sisi pintu masuk halaman masjid Alfatah juga kebanjiran berkah dari warga yang datang melaksanakan sholat.

Usai sholat Ied, tampak tumpukan koran bekas memenuhi ruas-ruas jalan di sekitar masjid Alfatah, serta ikut beterbangan saat kendaraan bermotor melintas di kawasan itu.

Dinas Kebersihan Kota Ambon mengerahkan belasan buruh sapu dan sampah untuk memungut koran-koran bekas tersebut, sehingga tidak berdampak mengotori sejumlah ruas jalan utama di ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Selain di Mesjid Alfatah,. beberapa masjid di berbagai tempat di Kota Ambon juga dijubeli warga Muslim yang datang untuk sholat.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014