Ambon (Antara Maluku) - Empat Menteri yakni Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan menghadiri rapat koordinasi kemaritiman di Ambon.

"Ke empat orang menteri ini sudah menyatakan bersedia untuk memenuhi undangan Gubernur Bank Indonesia Agus.D.W Marowardoyo pada acara tersebut," kata Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Wuryanto di Ambon, Kamis.

Selain itu, akan hadir pula Gubernur Maluku, Gubernur Maluku Utara, Gubernur Papua, dan Gubernur Papua Barat.

Dia menjelaskan, rapat koordinasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia itu akan berlangsung selama satu hari di Hotel Natsepa, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) pada hari Senin tanggal 25 Mei 2015.

"Topik yang diangkat dalam rapat koordinasi yakni maritim, sesuai demografi Maluku yang 92 persen adalah wilayah laut. Karena itu yang diundang oleh Gubernur BI terkait dengan kelautan," ujarnya.

Wuryanto mengatakan, selain kegiatan rapat koordinasi BI, juga akan dilaksanakan diskusi publik dengan mengundang akademisi, asosiasi dan lain-lain secara umum yang diperkirakan mencapai 200 orang peserta.

Selain kegiatan secara nasional dan diskusi publik, BI juga akan melaksakan rapat internal disamping kegiatan sosial di daerah ini, berpusat di Desa Tulehu dan Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

"Kalau di Pulau Banda terkait dengan kegiatan renovasi gedung sekolah yang rusak, penambahan ruang kelas dan bantuan sosial lainnya. Sedangkan di Tulehu terkait renovasi pasar dan penambahan ruang," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015