Ternate, 13/12 (Antara Maluku) - Dinas Pertanian (Distan) Maluku Utara berupaya mencetak sedikitnya 8.000 hektare sawah baru untuk mendukung program swasembada beras di provinsi berpenduduk satu juta jiwa ini.

Kepala Distan Maluku Utara Saiful Turui di Ternate, Jumat, mengatakan kalau pencetakan 8.000 hektare sawah baru itu bisa direalisasikan maka luas sawah Malut bertambah menjadi 19.000 hektare dan jumlah itu diprediksi sudah bisa menghasilkan beras untuk kebutuhan masyarakat setempat.

Produksi beras Malut dari luas sawah 11.000 hektare selama ini tercatat 70.000 gabah kering giling, sementara kebutuhan untuk konsumsi masyarakat Malut sekitar 120.000 ton per tahun atau ada kekurangan sekitar 50.000 ton dan kekurangan itu bisa dipenuhi setelah penambahan areal sawah baru seluas 8.000 hektare.

"Potensi lahan untuk pencetakan sawah baru seluas 8.000 hektare tersebut di Malut tidak ada masalah, bahkan untuk pencetakan sawah baru sampai 14.000 hektare pun tetap tersedia, terutama di Kabupaten Halmahera Timur dan Halmahera Tengah," kata Saiful Turui.

Namun menjadi masalah bagi Dinas Pertanian untuk merealisasikan pecetakan sawah baru seluas 8.000 hektare tersebut adalah dana untuk pencetakannya, termasuk untuk pembuatan irigasinya, karena APBD Malut sangat terbatas.

Oleh karena itu, menurut dia, Distan Malut akan mengupayakan dukungan dari pemerintah pusat untuk pendanaannya, khususnya melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau sumber pendanaan lainnya.

Selain itu, Pemprov Malut juga akan tetap memprogramkan penempatan transmigran dari daerah lain di Malut, khususnya untuk transmigran yang mengembangkan pertanian, sehingga pencetakan sawah baru untuk transmigran dapat diakomodir melalui program ini.

Saiful Turui menambahkan, walaupun Malut selama ini masih mendatangkan beras dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat setempat, tidak kemudian menjadikan Malut rawan pangan karena di daerah ini banyak sumber pangan nonberas, seperti ubi kayu dan sagu.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015