Ternate, 17/7 (Antara Maluku) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku Utara (Malut), menyiapkan 15 Cabang Olahraga (Cabor) ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Bandung, Jawa Barat.

Ketua KONI Malut, Djafar Umar, di Ternate, Minggu, menyatakan, sebanyak 49 atlet yang akan bertanding di 15 Babor dengan target sembilan medali.

"Kami optimis, PON ke XIX di Bandung, Malut akan berprestasi dan menarget meraih masing - maisng tiga emas, perak dan perunggu berdasarkan evaluasi pemusatan latihan daerah (Pelatda) sebulan lalu yang menunjukkan prestasi menggembitrakan," ujarnya.

Djafar menyatakan, dari 15 Cabor yang akan diikuti kontingen Malut, maka tinju, taekwondo dan atletik diproyeksikan menyumbang emas.

Apalagi, selain dilatih para pelatih nasional dan telah menunjukkan prestasinya, baik saat Kejurda hingga Popnas, membuktikan kalau Malut bisa meraih medali emas.

Malut pada PON XVIII berada diperingkat 32 dari 33 provinsi dengan meraih satu perunggu.

Karena itu, diprogramkan Pelatda selemaenam bulan dengan target memperbaiki peringkatnya pada PON XIX di Bandung dengan meraih sembilan medali.

Djafar mengakui, meski pun memiliki keterbatasan anggaran dalam melakukan berbagai persiapan di PON, tetapi KONI Malut tetap berupaya keras agar para atlet bisa berprestasi.

Target tersebut diusung KONI Malut, salah satunya dengan mempersiapkan mental para atlet ketika mengikuti latihan dan pembinaan mental selama sebulan di Kompi Bantuan Banau Jailolo

Sedangkan, pelatih Atletik Malut, Rusli mengatakan, para atlet yang mengikuti PON telah mempersiapkan diri untuk mengikuti dengan menjaga kebugaran dan mengasah kemampuan melalui latihan yang dilakukan secara rutin.

Menurut dia, salah satu atlet andalan Malut Zulkifli Wahab dalam beberapa pekan ini telah menunjukkan kemajuan positif untuk mengikuti PON XIX. Dia, salah satu atlet andalan di nomor lari 100 meter.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016