Saumlaki, 16/11 (Antara Maluku) - Kapolres Maluku Tenggara Barat, AKBP Mukhamad Safei memimpin upacara gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Siwalima 2016 di lapangan Mako Polres MTB, Rabu.

Usai upacara, Kapolres menjelaskan kepada wartawan bahwa Polri akan menggelar operasi zebra secara serentak di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 16 hingga 29 November 2016.

"Operasi ini berkonsentrasi pada pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan serta kelengkapan dan kalayakan kendaraan bermotor," katanya.

Menurut dia, operasi simpatik selama 14 hari itu juga merupakan bentuk operasi cipta kondisi menghadapi operasi lilin jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Operasi Zebra Siwalima tahun ini dititikberatkan pada pembinaan dan sosialisasi. Teguran akan dilakukan kepada pengendara kendaraan yang kedapatan melakukan pelanggaran.

Selain itu, aparat akan menilang pengendara yang sengaja melakukan pelanggaran.

"Soal penindakan itu tergantung situasi. Kalau pelanggaran terjadi karena faktor belum tau, misalnya pelanggar adalah orang luar dan baru saja tiba di Saumlaki, maka hanya akan diarahkan atau tegur, tetapi kalau penduduk asli dan sudah tau jalur tetapi sengaja melanggar, maka tentu ditilang," kata Kapolres.

Sesuai petunjuk Kapolri, operasi ini juga akan melibatkan sejumlah kesatuan dari TNI dan Dinas Perhubungan.

Kepala Satuan Lalulintas, IPTU. Jacob Daniel Leatemia yang mendampingi Kapolres menambahkan, pihaknya akan menerjunkan 36 personel dari unsur Polantas, Intelijen, Sabhara dan Binmas yang difasilitasi dengan kendaraan roda dua dan empat.

"Kami tidak akan stasioner berupa swiping melainkan mobile. Dengan kegiatan mobile itu maka sasaran akan tercapai secara maksimal. Operasi ini akan dilaksanakan sampai beberapa wilayah hukum Polsek yang menjadi sasaran prioritas," katanya.

Pantauan Antara, usai gelar pasukan, Kapolres beserta para perwira memeriksa dokumen dan kelengkapan kendaraan setiap anggota Polres. Pemeriksaan mencakup lampu sen, kaca spion, knalpot, rem, SIM dan STNK.

Hal itu dilakukan agar setiap aparat juga menjadi teladan bagi masyarakat dalam hal kesiapan kelengkapan kendaraan.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016