Ambon, 10/3 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff meminta agar dualisme yang terjadi dalam kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di daerah hendaknya dapat disatukan, sehingga dapat membentuk kekuatan pemuda yang dapat diandalkan bagi pembangunan.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Hamin Bin Thahir di pelantikan pengurus dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I DPD KNPI Provinsi Maluku, di Ambon, Jumat.

"Pemuda Maluku seharusnya berperan sebagai pionir-pionir kemajuan daerah yang senantiasa memiliki jiwa intelektual dalam berpikir, juga berpihak kepada kepentingan rakyat," katanya.

Menurut Gubernur, pemuda Maluku baiknya tidak terlibat dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat ucapan semata, hura-hura menjelang pelantikan pengurus, musyawarah daerah, kongres dan semacamnya, karena dapat diinterpretasikan orang sebagai upaya tidak produktif, dan untuk mencari keuntungan semata.

Melainkan harus teraktualisasi melalui program dan kegiatan pembinaan generasi muda yang konstruktif, terpadu dan terarah.

"Mengingat strategisnya peran yang diemban para pemuda, maka sudah sepatutnya turut mewarnai dan terlibat dalam proses pengambilan kebijakan pembangunan di daerah," ucapnya.

Terkait itu, ia meminta pengurus KNPI bisa melakukan komunikasi dan berkoordinasi, serta membangun kemitraan yang intensif bersama seluruh pemangku kebijakan, sehingga dapat mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan daerah saat ini.

Selain itu, program kerja yang dirumuskan dan ditetapkan, hendaknya juga dapat disesuaikan dan simultan dengan program kerja pemerintah daerah dalam menunjang dan mengawal pembangunan.

Pengurus KNPI yang baru dilantik di bawah pimpinan Ketua Subhan Pattimahu dan Sekretaris Saul Ch Tuanger, diharapkan bisa melakukan langkah-langkah konstruktif dan komunikatif untuk menyatukan seluruh elemen pemuda yang ada di Maluku.

"Pembangunan saat ini memerlukan dukungan para pemuda yang kreatif, inovatif dan visioner. Saya yakin dan percaya, bahwa dengan tekad dan semangat untuk memajukan Maluku, para generasi muda Maluku akan sanggup mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Maluku," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017