Ambon, 23/4 (Antara Maluku) - Jasa Raharja Maluku melayani pengobatan gratis di Pelabuhan Hunimua Liang yang difokuskan bagi penumpang kapal ferry tujuan Hunimua-Waipirit.

Kanit Operasi Jasa Raharja Maluku Noviar Andika Panji Pratama mengatakan, pengobatan gratis kepada masyarakat merupakan salah satu program rutin. Sasarannya tidak hanya penumpang dan pengemudi angkot tetapi juga penumpang kapal ferry.

"Pengobatan gratis kali ini dipusatkan di ruang tunggu pelabuhan Hunimua dan antuasiame warga cukup tinggi untuk memeriksakan kesehatan," katanya di Ambon, Minggu.

Ia mengatakan, pengobatan gratis ini bekerja sama dengan Bidokes Polda Maluku didukung satu tenaga dokter dan tenaga medis. Para penumpang mendatangi layanan kesehatan untuk memeriksakan kesehatan secara gratis.

Pengobatan gratis itu sendiri bentuk kepedulian Jasa Raharja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Noviar, tugas pokok Jasa Raharja memberikan santunan, kegiatan pengobatan gratis juga menjadi program rutin. Jika selama ini difokuskan di terminal keberangkatan, dermaga dan juga pelabuhan, ujuannya tidak lain untuk memastikan setiap penumpang yang ingin bepergian merasa aman.

"Jika masyarakat merasa sehat dipastikan perjalanan nyaman, demikian juga para supir dan pengemudi speedboad kita berupaya memastikan bahwa saat bepergian kondisi kesehatan mereka baik," ujarnya.

Sesuai kewenangan undang-undang, kata Noviar, Jasa Raharja bertanggung jawab penuh terhadap pemberian santunan kecelakaan baik di darat, laut maupun udara, kepada masyarakat yang menjadi korban.

Pemberian santunan tidak lain adalah untuk meringankan beban penderitaan keluarga korban yang ditinggalkan, meski demikian upaya layanan kesehatan gratis salah satu faktornya adalah untuk menekan angka kecelakaan yang relatif tinggi.

"Kami berharap angka kecelakaan yang cukup tinggi selama ini dapat diminimalisir, karena itu kami berharap kegiatan ini juga dapat menekan angka kecelakaan baik di jalan raya maupun di laut," kata Noviar.

Ia menambahkan, pengobatan gratis yang dilakukan bukanlah yang pertama kali, tetapi telah dilakukan di sejumlah lokasi keramaian seperti di terminal, pelabuhan dan dermaga

"Kami berharap kegiatan ini membuat Jasa Raharja selalu diterima oleh masyarakat," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017