Ambon, 3/6 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar Acara Penyerahan Bantuan Kambing Kepada Masyarakat Desa Iha-Luhu, bertempat di Kantor Desa Luhu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku.

Siaran pers yang diterima Antara, Sabtu menyatakan kegiatan yang merupakan kerja sama antara Kodam XVI/Pattimura dan Kementerian BUMN tersebut diadakan berkaitan dengan Perintah Presiden Joko Widodo kepada TNI untuk membantu pencapaian swasembada pangan nasional.

Bantuan yang diberikan sebanyak 50 ekor kambing, yang merupakan bagian dari 5.000 ternak kambing dan domba yang disiapkan untuk membantu peternak di Maluku dan Maluku Utara selama tahun 2017 dan 2018.

Bupati SBB Muh. Yasin Payapo dalam sambutannya mengatakan pemerintahannya memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatan lahan tidur untuk sub sektor peternakan.

Karena itu, bantuan ternak kambing itu diharapkan dapat memacu semangat kelompok peternak untuk memeliharanya sesuai dengan cara pengembangbiakan yang telah disampaikan Dinas Pertanian Maluku.

"Kita harus segera berpacu dengan waktu untuk mengejar ketertinggalan daerah ini melalui kerja keras, sehingga kabupaten ini dapat menjadi setara bahkan lebih maju dari dearah lain di Indonesia", katanya.

Aster Kasdam XVI/PTM Kolonel Inf Ali Alimudin mewakili Pangdam Mayjen TNI Doni Monardo menyatakan, bentuk kerja sama Dinas Pertanian Maluku dengan Kodam XVI/Pattimura dan Kementerian BUMN salah satunya adalah program ternak Kambing untuk peningkatan ketahanan pangan, dan pemberdayaan ekonomi rakyat.

Program bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat ekologis bagi lingkungan dan manfaat ekonomis bagi masyarakat, dapat meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan kerja, menggerakkan ekonomi pedesaan, meningkatkan kemitraan dan pengentasan kemiskinan.

Pemberdayaan masyarakat secara sosial dan ekonomi itu juga dapat meredam konflik-konflik di wilayah, dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk mencintai lingkungan hidup serta yang paling penting adalah dapat meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Syarifudin dari Kementerian BUMN dalam sambutannya menyatakan program bantuan ternak bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, dan bukan hanya di desa Luhu dan desa Iha tetapi di berbagai wilayah kerja Kodam XVI/Pattimura. 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017