Ternate, 10/6 (Antara Maluku) - Satuan Polisi Perairan Polres Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara mengimbau para pemilik dan motoris speedboat yang mengangkut penumpang rute Tobelo - Morotai agar memperhatikan peralatan keselamatan penumpang.

"Kondisi cuaca yang sering berubah-ubah dan tidak menentu di perairan Halmahera, apalagi menjelang mudik lebaran," kata Kasat Polair Polres Halut, Iptu Ikbal Basahona ketika dihubungi dari Ternate, Sabtu.

Para pemilik speedboat jangan memaksakan berlayar jika cuaca buruk dan gelombang tinggi serta membawa muatan barang maupun penumpang melebihi kapasitas.

"Setiap speedboat harus dilengkapi peralatan keselamatan berupa life jaket, pelampung, alat navigasi/ komunikasi, lengkapi dokumen pelayaran berupa SIB, manifest serta dokumen lainya sebelum berlayar," kata Ikbal.

Polair Polres Halut juga melakukan pemeriksaan kelengkapan speedboat. Pemeriksaan dilaksanakan agar para pemilik dan motoris speedboat segera melengkapi armadanya sesuai SOP.

Dia mengatakan, imbauan tersebut bertujuan untuk menekan musibah di laut maupun meminimalisir tindak pidana di perairan.

Pihaknya meminta agar pemilik speedboat yang mengangkut penumpang Tobelo-Morotai untuk mengangkut penumpang sesuai dengan kapasitas, agar aman dan selamat sampai tujuannya.

Perairan Tobelo dan Pulau Morotai sepekan terakhir ini mengalami gelombang tinggi akibat akibat angin kencang.

Akibatnya, pihak KSOP setempat meminta agar pemilik speedboat tidak melakukan aktivitasnya jika cuaca ekstrim.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017