Ambon, 15/6 (Antara Maluku) - Korem 151/Binaiya menggelar lomba di bidang pembinaan mental (Bintal) yang meliputi Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) dan Hadrah.

Lomba tersebut diselenggarakan selain bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, juga dalam rangka peringatan HUT ke-72 TNI.

Danrem Binaiya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru membuka kegiatan lomba tersebut lewat Upacara Pembukaan Lomba Bidang Bintal dalam rangka HUT TNI ke-72, bertempat di Baelio Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya, Kamis.

Lomba MTQ dan MHQ diikuti oleh peserta dari Kota Ambon, dimana mereka berlomba melantunkan ayat-ayat suci Alquran dengan kapasitas nada dan intonasi.

Keseluruhan rangkaian lomba dilaksanakan demi meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga untuk ajang pencarian bakat para Hafidz dan Hafidzah.

Pelaksanaan Lomba MTQ dan MHQ mendapatkan hasil sebagai berikut:

Cabang Tilawah Juara 1 diraih Reni Wali (Hisbullah Oli) dengan nilai 92, Juara 2 Jumra Makasar (Unpatti) dengan nilai 91), dan Juara 3 Darmawati (Unpatti) dengan nilai 89.

Cabang Hifzil 5 Juz, Juara 1 diraih Randika Tuangke (Unpatti, nilai 95), Juara 2 Dzakiyah H.S (Hisbullah, nilai 80), Juara 3 Ruua Wabula (Hisbullah, nilai 79).

Cabang Hifzil 10 Juz, Juara 1 diraih Alviansyah (Hisbullah, nilai 96), Juara 2 Waidi Bayau (Alanshar, nilai 83), Juara 3 Siti Jamila Rumbara (Alanshar, nilai 82).

MTQ adalah sebuah festival pemuliaan kitab suci umat Islam yang diselenggarakan dengan perlombaan membaca Alquran. Pada festival ini, peserta membaca Alquran dengan qira`at.

MHQ adalah Musabaqah membaca AlQuran dengan menghafal bacaan tartil/murottal. Bacaan Alquran harus mengandung nilai ilmu baca (tajwid), seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017