Ternate, 22/9 (Antara Maluku) - Lembaga survei independent Lintas Nusantara (Linus) menyatakan, hasil survei kesukaan terhadap Bakal Calon Gubernur (Bacalongub) Maluku Utara (Malut) 2018-2023 menempatkan Ahmad Hidayat Mus (AHM) dan Abdul Gani Kasuba di posisi teratas.

"AHM berada di urutan pertama dengan 37,7 persen suara responden, posisi kedua ditempati petahana Abdul Gani Kasuba dengan suara 34,6 persen, disusul Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman dengan 10,0 persen," kata Direktur Lembaga Survei Independent Lintas Nusantara, Muhammad Jabir dalam siaran pers yang diterima Antara, Jumat.

Posisi keempat ditempati Bupati Halmahera Timur Rudi Erawan dengan dukungan 8,0 persen disusul anggota DPD-RI asal Malut Basri Salama 1,1 persen dan posisi terakhir ditempati Wali Kota Tidore Kepulauan 1,0 persen.

Disebutkan, elektabilitas kandidat tertinggi adalah AHM diikuti AGK. Responden yang menginginkan AGK kembali menjadi Gubernur sebanyak 42,6 persen sementara yang tidak 45,6 persen.

Faktor penyebabnya, AGK dianggap kurang baik dalam hal menyediakan lapangan pekerjaan, peningkatan ekonomi masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Sementara AHM memiliki peluang lebih baik karena publik menginginkan perubahan dan AHM dianggap dapat mewujudkannya.

Survei dilaksanakan selama dua minggu pada Juni 2017 dan melibatkan 700 responden untuk seluruh masyarakat Malut dengan margin of error +/- 3,7 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden adalah warga Provinsi Malut yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sample dilakukan dengan Metode Multistage Random Sampling.

Selain itu, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Satu pewawancara bertugas untuk mewawancarai 10 orang responden.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti dan 50 persen responden dipilih secara random dengan menelepon setelah wawancara selesai untuk memastikan baru saja telah diwawancarai.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017