Ternate, 26/9 (Antara Maluku) - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), memperluas layanan internet gratis di daerah itu guna memudahkan masyarakat memanfaatkan jasa internet untuk berbagai keperluan produktif.

"Selama ini layanan internet gratis dari Diskominfo dan Persandian Kota Ternate hanya ada di Pulau Ternate, namun akan diperluas di luar Pulau Ternate," kata Kepala Diskominfo dan Persandian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly di Ternate, Selasa.

Ada tiga pulau di luar Pulau Ternate yang menjadi sasaran perluasan layanan internet gratis itu yakni Pulau Hiri, Pulau Batang Dua dan Pulau Moti secara bertahap. Khusus untuk Pulau Hiri akan direalisasikan pada 2018.

Menurut dia, pemasangan layanan internet gratis di Pulau Hiri itu sekaligus sebagai bentuk dukungan Diskominfo dan Persandian Kota Ternate terhadap Pulau Hiri, yang akan dikembangkan menjadi salah satu daerah pariwisata di Ternate.

Pemasangan layanan internet gratis di Pulau Hiri, yang letaknya hanya sekitar dua mil dari Pulau Ternate itu akan menggunakan sistem radio karena dinilai lebih efesien dan praktis jika dibandingkan menggunakan jaringan kabel bawah laut dari Ternate.

Thamrin mengharapkan kepada masyarakat di daerah itu memanfaatkan layanan internet gratis yang disiapkan Diskominfo dan Persandian setempat dengan bijak dan cerdas serta harus diarahkan untuk memberi nilai positif bagi daerah.

Pemanfaatan media sosial yang dapat diakses dalam layanan internet gratis itu misalnya harus menggunakan bahasa yang santun dan beradab, menginformasikan kekhasan pariwisata Kota Ternate serta hal-hal kebajikan lainnya agar masyarakat luar mendapatkan kesan yang baik terhadap masyarakat dan daerah itu.

"Malut pada 2018 akan menghadapi pemilihan gubernur, untuk itu diharapkan masyarakat tidak memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan fitnah, berita bohong serta hal-hal lainnya yang dapat memicu terjadinya perpecahan dan konflik di daerah ini," kata Thamrin Marsaoly.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017