Ambon, 19/10 (Antara Maluku) - Ambon International Music Festival 2017 yang digelar 26-28 Oktober mendatang di Lapangan Merdeka akan menghadirkan grup asal negeri Belanda Bersama Band (eks Massada band).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Ambon Henry Sopacua, Kamis mengatakan, Ambon International Music Festival digelar setiap tahun sebagai upaya mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia.

Tahun ini, selain menampilkan Bersama band juga Boy dan Monica Akihary, grup acapella Ambon "Forestry", grup band Softeast, JP band, Nanala Voice dan Amadeus Choir.

"Rangkaiannya akan dimulai besok (20/10) dengan malam badonci (dansa) bersama di Aula Xaverius, dilanjutkan 25 Oktober konser Bersama band di cafe sibu-sibu dan konser yang akan dilakukan 26- 27 Oktober di Lapangan Merdeka," katanya.

Ia menyatakan, selain konser musik juga akan dilaksanakan Acapella competition atau "Acapella in the city". Kegiatan festival accapela ini baru pertama kali digelar di Indonesia.

"Kita berupaya menampilkan sesuatu yang berbeda, kita mau menonjolkan kualitas vokal baik peserta dari Ambon maupun luar Ambon," katanya.

Tercatat sampai saat ini sebanyak 24 peserta telah mendaftar di antaranya satu grup dari Filipina dan Belanda, sedangkan sisanya merupakan peserta dari Ambon dan luar kota Ambon.

Pendaftaran lomba terhitung dimulai sejak 2 Mei hingga 20 Oktober 2017 tanpa dipungut biaya dan terbuka untuk para pencinta musik.

Sementara itu Ketua Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies menjelaskan, konser bersama band merupakan upaya bersama Pemkot Ambon, AMO dan pihak swasta, agar upaya mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia tidak hanya sekedar menjadi slogan kosong, melainkan sebuah gerakan memacu para musisi untuk menciptakan karya seni.

"Mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia merupakan upaya membangun ekosistem musik bersama, karena dibutuhkan sinergitas baik pemerintah maupun swasta, kita berharap warga kota Ambon dapat menikmati konser musik," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017