Ternate, 13/11 (Antara Maluku) - Tim Pengawas Cetak Sawah (PCS) yang diketuai oleh Kolonel Inf Suyitno dari Mabesad bersama rombongan dari Ditjen PSP Kementerian Pertanian dan Staf Distan Maluku Utara (Malut), Senin, meninjau hasil Cetak Sawah di Halmahera Utara.

Tim PCS dengan menggunakan transportasi darat menuju Kao Barat dan disambut oleh Kadistan Halut, Valentino E Leiwakabessy serta Danramil 1508-03/Kao Lettu Inf Prasojo dan Babinsa kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Penyuluh Pertanian dan kelompok Tani Halut, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian Kec. Kao Barat.

Ketua Tim PCS Kolonel Inf Suyitno menyampaikan bahwa kegiatan Cetak Sawah yang telah dilaksanakan ini diharapkan setelah selesai agar segera dimanfaatkan oleh para petani dengan melakukan penanaman perdana karena sesuai dengan harapan pemerintah untuk memperkuat Swasembada Pangan Nasional yang saat ini telah tercapai.

Sehingga upaya pemerintah ini agar para petani dapat menjual hasil pertaniannya ke Bulog untuk menghindari adanya permainan pasar yang dilakukan oleh oknum tengkulak selain itu juga untuk memastikan ketersediaan beras di pasaran sehingga harga dapat terjaga stabil.

Selain itu, untuk lahan yang telah ada agar dimanfaatkan sebaik-baiknya karena kemungkinan cetak sawah di tahun mendatang akan diambil alih oleh DPR.

"Sehingga kita tidak dapat memastikan volume untuk wilayah Malut, namun Dirjen PSP akan terus melakukan monitoring kegiatan pertanian di daerah dan apabila daerah tersebut menunjukkan pertumbuhan positif maka kita akan memberikan stimulus bantuan secara bertahap untuk itu diharapkan para petani dapat bersemangat dan rajin untuk bertani agar hasil yang didapat sesuai dengan jerih payahnya," katanya.

Oleh karena itu, apabila menemukan kendala dilapangan dapat segera memberitahukannya kepada Dinas Pertanian setempat maupun para Babinsa Pendamping sehingga dapat segera dilaporkan secara hierarkhi hingga ke pusat.

Usai pertemuan, Tim PCS didampingi Dandim 1508/Tobelo melaksanakan peninjauan hasil cetak sawah di Desa Sidomulyo Kao Barat Halmahera Utara.

Sementara itu, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra menyampaikan Tim Pengawas Cetak Sawah yang merupakan gabungan dari Mabes AD, Kementerian Pertanian serta Distan Prov Malut melaksanakan peninjauan hasil cetak sawah di Halut.

Pihaknya juga memberikan motivasi kepada para petani untuk dapat giat dalam bercocok tanam karena apabila menunjukkan progres positif maka Kementan akan memberikan bantuan stimulus kepada para petani secara bertahap sebagai reward atas kerja kerasnya dalam rangka mendukung Program Swasembada Pangan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017