Ambon, 12/12 (Antara Maluku) - Stok beras milik Perum Bulog Divisi Regional Maluku cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan daerah tersebut menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Warga Kota Ambon maupun Maluku pada umumnya tidak perlu takut dalam menyambut perayaan Natal Kristus 25 Desember 2017 maupun persiapan memasuki tahun Baru 1 Januari 2018," kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Maluku Armin Bandjar di Ambon, Selasa.

Armin merincikan stok yang ada itu yakni beras yang terdapat di gudang Bulog Maluku sebanyak 1.950 ton, dimana untuk gudang Kota Ambon terdapat 1.380 ton yang bisa mengisi permintaan hingga memasuki perayaan Natal bahkan hingga bulan Januari, Sedangkan di gudang Kota Tual yakni sebanyak 570 ton siap melayani permintaan masyarakat menghadapi Natal dan tahun baru.

"Jadi stok beras Perum Bulog Maluku saat ini cukup banyak, apa lagi akan masuk lagi sebanyak 7.500 ton dari Sulawesi Selatan yang akan di pasok ke gudang Ambon, Kota Tual dan Kota Ternate,Provinsi Maluku Utara," ujarnya.

Sekarang ini dalam persiapan untuk pengiriman ke Maluku, lanjutnya, jadi kalau sudah masuk maka stok beras Bulog Maluku cukup banyak.

Hal ini dimaksimalkan stok beras Bulog Maluku untuk bisa melayani permintaan Pemda setempat untuk melakukan pasar murah yang di koordinir Dinas Perindag Maluku yang sekarang ini sedang berlangsung.

"Kemudian kegiatan-kegiatan pasar murah maupun operasi pasar yang di lakukan Bulog Maluku pada beberapa titik akan tetap terlayani sebab stok cukup tersedia," ujarnya.

Dia juga mengakui kalau selama iniuntuk kawasan Maluku Tenggara sampai dengan Maluku Barat Daya, Bulog masih kekurangan gudang penampungan, karena itu diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama gudang yang sedang di bangun di Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) selesai maka sudah bisa dipergunakan sekaligus rentang kendali pasokan beras di wilayah itu.

Karena itu selama ini gudang beras Bulog di Kota Tual selain melayani kebutuhan masyarakat setempat juga di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Karena itu beras keperluan masyarakat di lima daerah kawasan Maluku Tenggara sampai di Maluku Barat Daya selalu dipasok dari Kota Tual.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017