Ambon, 7/3 (Antaranews Maluku) - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto memimpin upacara serahterima jabatan (sertijab) Dandenmadam XVI/Pattimura dan?Dandenkav-5/BLC serta Tradisi Satuan Penerimaan dan Pelepasan Dandenkav-5/BLC, di Ruang Lobby Makodam XVI/Pattimura, Rabu.

Serah terima jabatan Dandenmadam dari Letnan Kolonel Inf. Jocky Pesulima kepada Letnan Kolonel Inf. Christian Pieter Sipahelut, sedangkan Dandenkav 5/BLC dari Mayor Kav. Widhi Bayu Sudibyo kepada Mayor Kav. Agus Wibowo Hendratmoko, S.H.

Pangdam menyatakan, mutasi dan pergantian pejabat di lingkungan TNI Angkatan Darat, khususnya jajaran Kodam XVI/Pattimura merupakan hal yang biasa, sebagai realisasi dari kebijakan pimpinan TNI untuk proses pembinaan personel dan satuan, sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan organisasi.

"Alih tugas dan jabatan yang dilaksanakan di dalam organisasi TNI Angkatan Darat, bertujuan untuk mengembangkan kapasitas kepemimpinan, wawasan manajemen dan profesionalisme keprajuritan para Perwira, agar mampu memberikan karya pengabdian terbaik dalam melaksanakan tugas yang diemban," katanya.

Pangdam Suko menambahkan, sesuai dengan organisasi baru, Denmadam saat ini dipimpin oleh seorang Pamen dengan Pangkat Kolonel, yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan pelayanan dan urusan dalam di lingkungan Makodam.

Tugas-tugas itu mencakup penegakan tata tertib, disiplin, tertib hukum termasuk pengamanan personel dan materiil yang ada di seluruh instalasi Makodam termasuk dalam hal perawatan, pembinaan mental dan kesejahteraan personel di lingkungan Kodam XVI/Pattimura.

Adapun Detasemen Kavaleri-5/BLC mempunyai tugas pokok melaksanakan pertempuran?darat yang bersifat mobil guna mendukung penciptaan stabilitas keamanan wilayah dengan menggunakan kendaraan tempur panser dan tank.

"Tugas pokok itu dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XVI/Pattimura yang penting dan tidak ringan, sehingga perlu lebih intensif dalam melaksanakan pembinaan satuan dan para prajuritnya, agar tugas yang diemban tersebut dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi," katanya.

Pangdam menyatakan dirinya berharap kepada pejabat baru untuk segera menyesuaikan diri dan melakukan upaya-upaya pemahaman terhadap tugas, wewenang dan tanggung jawab sesuai jabatan, serta berusaha meraih prestasi yang lebih baik dengan mengerahkan segenap kemampuan dan potensi sehingga tercapai kinerja dan prestasi yang optimal guna mencapai keberhasilan tugas pokok Kodam XVI/Pattimura.

"Kepada pejabat lama Letnan Kolonel Inf Jocky Pesulima dan Mayor Kav Widhi Bayu Sudibyo, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas segala pemikiran dan karya nyata yang telah dicurahkan selama memangku jabatan masing-masing," katanya.

Pewarta: Jimmi Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018