Ambon, 21/5 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memprogramkan Safari Ramadan 1439 Hijriah ke sembilan lokasi di ibu kota Provinsi Maluku itu.

Safari Ramadan akan dilaksanakan di lima kecamatan dan tersebar di 10 lokasi mulai 22 Mei - sampai 11 Juni 2018, sebagai bentuk silaturahmi kepada warga kota.

"Selama Bulan Suci Ramadan secara bergantian akan mengunjungi basudara (saudara) umat muslim di lima kecamatan untuk melakukan silaturahmi dan saling berbagi," kata Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru, Senin.

Safari Ramadan yang akan dilaksanakan merupakan komitmen pemerintah untuk menyikapi kerukunan antarumat beragama di provinsi Maluku, khususnya kota Ambon.

"Kita berharap ibadah yang dilakukan memiliki nilai, karena pada siang hari menahan haus, lapar dan emosi, selanjutnya malam hari melakukan ibadah tarawih dan sunnah lainnya," katanya.

Kegiatan tersebut, lanjut Sekkot, juga didasari atas kesadaran yang ikhlas dan dalam suasana silaturahmi persaudaraan, damai dan berkah yang dimaknai dalam Bulan Suci Ramadan.

"Kegiatan yang dilakukan secara bersama akan berdampak bagi peningkatan hubungan persaudaraan satu dengan lainnya, yang bermuara pada kesejahteraan seluruh masyarakat kota Ambon," tandasnya.

Pelaksanaan Safari Ramadan akan diawali dari rumah dinas Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler.

Selanjutnya ke sejumlah masjid di antaranya Mesjid Al Kautsar Rumah Tiga, Mesjid Al Fatah Taeno Atas desa Rumah Tiga, Masjid Jannatun Naim Batu Koneng desa Poka, Mesjid Baitur Rahman Desa Waiheru, Mesjid As Syukur desa Hative Kecil, mesjid Nurul Ikhlas Galunggung, mesjid Al Ukhuwa STAIN Amalatu dan meshif Baitul Makamur Air Salobar.

Ia menambahkan, Safari Ramadan ini juga akan berbagi dengan anak yatim piatu, majelis taklim, organisasi kepemudaan, serta memberikan santunan.

"Rangkaian acaranya tidak hanya buka puasa bersama, tetapi juga dilakukan doa bersama dan tausiah dari ketua MUI kota Ambon, ustaddz Abdullah Pattilouw, ustadz Bakri Syarif As- Syatri dan ustadz Yahya Narahubun," tandasnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018