Ambon, 26/10 (Antaranews Maluku) - Krisis air bersih yang terjadi di Pulau Ai, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah selama ini akhirnya disikapi Komisi C DPD Maluku dengan mengusulkan dana untuk pengadaan proyek air bersih di daerah itu.

"Kebutuhan air bersih ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat sehingga persoalan yang menimpa mereka di Pulau Ai, ini sudah kita temukan dan akan menjadi pembahasan di komisi," kata anggota komisi C DPRD Maluku, Habibah Pellu, di Ambon, Jumat.

Kebetulan DPRD Maluku juga akan menyusun dan membahahs APBD 2019 sehingga persoalan air bersih akan diusulkan dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah(RAPBD) 2019.

Menurut dia, pemerintah dan DPRD harus benar-benar memperhatikan persoalan masyarakat, terutama yang ada di Pulau Ai terkait dengan krisis air bersih.

"Bayangkan saja kalau mereka mengalami suasana cuaca panas akibat musim kemarau berkepanjangan dan hari ini(Jumat) kita fokus mendiskusikan dan memasukannya dalam RAPBD 2019," ujarnya.

Dari sisi daerah pemilihan (Dapil) memang menjadi tanggung jawab, tetapi menyangkut masalah kemanusiaan, maka tidak lagi melihat persoalan Dapil, tetapi tanggungjawab pembahasan di komisi karena pastinya DPRD akan meminta Pemprov Maluku memperhatikan masalah ini secara serius.

Sementara Kepala Desa Ai, Aksin Ladusu mengatakan, pulau tersebut tidak ada sumber air dan warga hanya mengandalkan air hujan.

"Kami hanya berharap hujan saja dan tertampung di embung-embung sehingga kalau bisa air dalam penampungan ini dapat diolah menjadi bersih dan layak untuk diminum," katanya.

Alternatif lainnya, pemerintah bisa menyediakan mesin pengolah air asin menjadi air tawar untuk dikonsumsi sekitar lebih dari 500 kepala keluarga(KK) atau 1.000 jiwa lebih.

"Bila mesin pengolah air asin menjadi air tawar ini masih lama proses pengadaannya, minimal kami mengharapkan bantuan pemerintah mendatangkan sejumlah tangki penampug air 5.000 liter dengan mesin pompa," katanya.

Catatan Antara, sulitnya air bersih di Pulau Ai membuat seorang ayah bersama anaknya ditemukan tewas tenggelam saat mengambil air dalam embung-embung pada pekan lalu.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018