Ternate, 15/1 (ANTARA News) - Komisi II DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) meminta Pemkot Ternate menambah modal PT Alga Kastela sehingga badan usaha milik daerah (BUMD) itu dapat memaksimalkan aktivitas usahanya.

"Kami melihat PT Alga Kastela memiliki prospek usaha yang cerah dan dapat berkembang dengan dukungan modal yang memadai," kata Ketua Komisi II DPRD Ternate, Jainal Hasan di Ternate, Selasa.

Ia menyebutkan kalau Pemkot Ternate memberikan tambahan modal kepada PT Alga Kastela sebesar Rp5 miliar maka dipastikan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan rumput laut itu, tidak akan lagi dihadapkan dengan kesulitan modal untuk memenuhi kebutuhan bahan baku rumput laut, termasuk kegiatan usaha lainnya.

Menurut dia, sesuai pengakuan manajemen PT Alga Kastela, kalau mereka bisa mendapatkan tambahan modal sebesar Rp5 miliar dapat meningkatkan kapasitas produksi sampai 20 ton per bulan.

Pada 2018 Pemkot Ternate awalnya berjanji akan memberi tambahan modal sebesar Rp1 miliar, tetapi direalisasi hanya Rp700 juta, sehingga sejumlah kegiatan usaha yang sudah direncanakan tidak dapat direalisasikan.

Komisi II DPRD Ternate, kata Jainal Hasan, memberi apresiasi kepada PT Alga Kastela dalam usaha mendapat pasokan bahan baku rumput laut dengan cara memberdayakan para nelayan.

PT Alga Kastela itu memberi modal kepada nelayan untuk membudidayakan rumput laut yang hasilnya dijual kepada perusahaan itu dengan harga sesuai kesapakatan, sehingga nelayan bisa membudidayakan rumput laut, walaupun tidak memiliki modal.

Kalau usaha PT Alga Kastela bisa berhasil mengembangkan usaha, tidak saja akan memberi kontribusi terhadap penerimaan pendapatan asli daerah (PAD), tetapi juga akan semakin banyak menyerap lapangan kerja dan jangkauan kerja samanya dengan para nelayan.

Selain PT Alga Kastela, Pemkot Ternate juga memiliki BUMD lain yang tergabung dalam perusahaan holding, seperti badan perkreditan rakyat syariah (BPRS), apotik dan laboratorium kesehatan.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019