Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) melatih 30 relawan anti narkoba di kelurahan sebagai salah satu prasyarat menuju kelurahan bersih narkoba.

Kabid Pencegahan, BNNP Malut, Drs Hairuddin Umaternate, Msi di Ternate, Jumat, mengatakan para relawan ini diberikan penguatan strategi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di kelurahan dan fungsi serta peran relawan ant narkoba.

Pelatihan bertajuk Diseminasi Informasi P4GN melalui tatap muka dengan masyarakat kelurahan Kalumpang menyajikan materi kebijakan dan strategi P4GN di kelurahan, yang dilanjutkan dengan pemahaman jenis dan bahaya narkoba oleh Kepala Seksi Pencegahan BNNP Malut,Mutia Tahir, .

Menurut Hairuddin, sejumlah 30 relawan ini telah diberi SK oleh Lurah Kalumpang yang direkrut dari masing masing RT maupun RW, harapannya mereka bisa menyampaikan pesan jenis dan bahaya narkoba serta upaya pencegahannya kepada masyarakat di Kalumpang disamping bekerja sama dengan BNNP dalam upaya penindakan hukum.

Ditetapkan Kalumpang sebagai proyek percontohan kata Hairuddin, adalah hasil pemetaan BNNP di mana kasus narkoba yang cukup signifikan, juga maraknya penggunaan lem, sementara inisiatif kelurahan ini cukup baik karena telah melaksanakan sosialisasi pencegahan narkoba kepada masyarakatnya agar peduli, menolak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dengan mengundang BNNP Malut.

Bahkan, desa atau kelurahan bersih narkoba merupakan amanat dari Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang rencana aksi nasional P4GN dan Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang fasilitas Pemerintah Daerah dalam P4GN di mana bagian dari upaya negara melibatkan semua lini dalam menciptakan lingkungan bersih narkoba.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019