Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) menggelar pelatihan terutama dalam pengembangan potensi SDM yang handal bagi pengelola destinasi pariwisata kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halut, Syaril Djurumudi di Ternate, Kamis, mengatakan, kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata tentu tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan potensi yang begitu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara harus seimbang dengan SDM di daerah setempat.

Oleh karena itu, sasaran yang paling utama dalam pelatihan ini nantinya sekembalinya peserta bisa sedikitnya di berikan materi-materi bagaimana cara mengelola destinasi.

Sebab, berbagai potensi pariwisata Kabupaten Halut seperti Tanjung Bongo Galela, Pantai Pasir Putih Luari dan Telaga Biru merupakan destinasi wisata andalan untuk menggenjot kunjungan wisata di Halut.

"Memang dari sisi budaya yang ada  kalau kita mau jujur, kita belum mampu memberikan yang terbaik dalam pengertian bahwa potensi ini harus di kembangkan harus berbanding lurus dengan ketersediaan SDM dan inilah yang menjadi problem dan itu menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyiapkan SDM. Di situ daerah tergantung dari manusianya, kalau manusianya baik pasti daerah teraebut juga baik," ujarnya.

Olehnya itu, sebagai daerah yang punya potensi harusnya memiliki pengelolaan secara baik, sebab, destinasinya bagus, tetapi tidak dikelola secara baik maka sangat mustahil orang akan berkunjung.

Apalagi, target turis mancanegara maupun domestik secara rasional ini tersebar dan mereka akan mengunjungi potensi wisata di Halut.

"Orang bisa berbondong- bondong ke daerah itu atau destinasi tersebut dan harus dicaritau misalkan di daerah pantai,kalau mereka ke pantai kan membawa anak,yang harus disiapkan yaitu permainan anak-anak dan lain sebagainya, kemudian rumah makan," katanya.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019