Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar menegaskan, sinergitas TNI-Polri tidak bisa ditawar dan terus ditingkatkan guna menjaga dan memelihara stabilitas keamanan, di mana sinergitas yang solid semakin memperkuat bangsa ini.

"Presiden RI mengingatkan sinergitas TNI-Polri di Maluku harus dijaga, sebab lewat soliditas maka pembangunan akan berjalan baik dan bangsa kita akan kuat," kata Kepala Bidang Humas Polda setempat, Kombes Pol M. Roem Ohoirat mengutip pernyataan Kapolda saat bersilaturahim ke Pangdam XVI/Pattimura di Ambon, Kamis.

Kapolda menyampaikan pesan kepala negara setelah dinaikkan pangkatnya menjadi Irjen Pol, dan ada amanat khusus kepada dirinya oleh presiden tentang sinergitas TNI-Polri.

Irjen Pol Bharudin Djafar dilantik sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa yang ditunjuk Kapolri sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

Menurut Kepala Bidang Humas, mantan Kapolda Sulawesi Barat ini memulai tugasnya di Polda Maluku dengan melakukan kunjungan silaturahmi kepada para tokoh agama dan forkompinda, termasuk Pangdam XVI/Pattimuta Mayjen TNI Marga Taufiq, serta Kasdam dan para pejabat utama Kodam.

"Kapolda menyatakan sebagai orang baru, dirinya sangat mengharapkan kiranya dapat diterima di bumi Maluku. Dukungan dan kerja sama sangat diharapkan, termasuk sinergitas TNI-Polri tidak bisa di tawar lagi," jelas dia.

Selain mengunjungi Pangdam XVI/Pattimura, hari ini Kapolda didampingi sejumlah pejabat utama juga melakukan silaturahmi ke MUI Mluku yang diterima langsung Ketua MUI bersama wakil ketua dan staf pengurus, serta Kejati Maluku.

Alumus Akpol 1986 berharap agar silaturahmi dan kerja sama Polda Maluku dengan MUI Maluku yang selama ini terjalin baik dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Kapolda juga menyatakan sangat mengharapkan dukungan dan kerja sama dari pihak Kejati Maluku.

Sementara Kajati Sulsel, Yudi Handono menyatakan akan tetap mendukung Polda Maluku dalam pelaksanaan tugas penegakan hukum, dan jika ada perbedaan SOP maka akan dikordinasikan dengan baik.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020