DPRD Maluku menyarankan setiap organisasi perangkat daerah terkait gencar melakukan operasi pasar guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga aneka jenis bahan kebutuhan pokok di pasaran.

"Ketersediaan bahan kebutuhan pokok perlu dipantau setiap saat untuk kondisi sekarang ini yang dilanda virus corona sehingga bisa mencegah terjadinya spekulasi harga akibat tingginya permintaan yang tidak berimbang dengan persediaan," kata Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury di Ambon, Kamis.

Menurut dia, walau pun cuma turun ke lapangan namun tetap menjaga jarak untuk bertanya hanya ingin tahu apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan, apakah benar mulai terjadi kelangkaan dan harga mulai bergerak naik meski pun ternyata belum seperti itu.

"Kita harus tetap menjaga agar jangan sampai terjadi kelangkaan bahan kebutuhan pokok di pasaran dan berdampak terhadap peningkatan harga jual, hanya karena situasi seperti saat ini," ujar Wattimury.

Karena itu OPD terkait seperti Disperindag, Bulog, maupun Satgas Pangan provinsi harus proaktif melakukan operasi pasar supaya stabilitas harga bahan-bahan kebutuhan pokok tetap terjaga, sekaligus menjaga ketersediaan barang.

Kalau antara satu hingga tiga pekan ke depan situasi seperti ini masih terus terjadi dapat dibayangkan apa yang akan terjadi dengan masyarakat.

"Karena itu persoalan bahan kebutuhan pokok adalah salah satu yang mesti diantisipasi," tandasnya.

Sehingga OPD terkait diminta melakukan operasi pasar dalam rangka menjaga tertibnya harga bahan kebutuhan pokok sekaligus mencegah terjadinya penumpukan pada tempat tertentu atau orang-orang tertentu hingga terjadi kelangkaan dan harga barang bergerak naik.

Bila perlu OPD bersama-sama aparat kepolisian untuk sama-sama melakukan sidak ke lapangan, dengan demikian segala kemungkinan yang berakibat pada kondisi sosial teratasi sejak dini dengan cara yang lebih baik dan terarah.

Beberapa waktu lalu tim Satgas Pangan provinsi telah melakukan sidak ke tingkat pedagang dan distributor maupun pusat-pusat perbelanjaan guna memantau perkembangan harga bahan kebutuhan pokok dan persediaan barang, termasuk mengantisipasi pembelian barang secara berlebihan (Panic Buying).


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020