Gubernur Maluku Murad Ismail bersama rombongan tiba di Maluku Tenggara (Malra), Senin, dan akan menghadiri peringatan hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun 2020.

Pantauan Antara, Gubernur bersama rombongan tiba di Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur, ibu kota Malra, dengan pesawat Wings, dan disambut oleh Bupati M Thaher Hanubun beserta jajaran dengan prosesi tarian adat setempat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malra Antonius Walken Raharusun mengatakan agenda utama lawatan gubernur di Malra yakni menghadiri peringatan hari Sumpah Pemuda dan sekaligus untuk percepatan penanganan masalah stunting (kerdil) di kabupaten itu.

"Gubernur dijadwalkan pada tanggal 27 besok akan melepas parade kebangsaan dan kirab merah putih dari pelabuhan Uf Maar menuju Ohoi Weduar Feer Kei Besar, sebagai giat pembuka peringatan hari sumpah pemuda ke 92 di Malra," kata Antonius.

Usai melepas parade kebangsaan dan kirab tersebut, Gubernur bersama rombongan dengan angkutan laut menuju Ohoi Weduar Feer, kemudian memimpin pengibaran Bendera Merah Putih di tapal batas NKRI di desa tersebut.

Gubernur selanjutnya dijadwalkan menjadi pembicara pada pelatihan Character Building bagi pemuda Malra, dan bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Sumpah Pemuda yang dipusatkan di lokasi perkemahan Ohoi Rahangiar.

Selain itu, Gubernur akan mengisi sejumlah kegiatan lain yang sudah dijadwalkan oleh panitia peringatan hari Sumpah Pemuda hingga tanggal 28 Oktober 2020.

Dalam rangka memberikan dukungan pada percepatan penanganan kecebolan (kerdil) di Malra, Gubernur Murad Ismail melakukan dialog Mangente Negri dengan tema percepatan penurunan stunting, bertempat di Aula Kantor Bupati Malra.

Antonius menambahkan, selain kehadiran Gubernur Maluku bersama jajaran pemerintah Provinsi Maluku di Malra, akan hadir juga Komisi C DPRD Provinsi Maluku, dan dari Pemerintah Pusar Asisten Deputi Potensi Laut, Asisten Deputi BNPP RI, dan Direktur Infrastruktur Kementerian PUPR RI.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020