Bupati Maluku Tenggara (Malra) M Thaher Hanubun menyerahkan sejumlah ambulans darat dan laut serta sepeda motor untuk meningkatkan pelayanan di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayah tersebut.

Siaran pers yang diterima Antara di Ambon, Jumat, menyebutkan Bupati Thaher menyerahkan bantuan kesehatan tersebut secara simbolis dalam upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 yang dipusatkan di RSUD Karel Sadsuitubun.

Bantuan yang diserahkan berupa dua unit Ambulance Public Safety Center (PSC 119), satu unit ambulans darat, satu unit ambulans laut, dan satu unit sepeda motor kepada Puskesmas Weduar, satu unit ambulans darat dan satu unit sepeda motor untuk Puskesmas Elat.

Bupati dalam kesempatan tersebut menyatakan peringatan HKN ke-56 tahun ini menjadi momen bagi pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini.

"Pelayanan kesehatan di Malra dari tahun ke tahun semakin baik dengan fasilitas yang menunjang, namun tentunya perlu terus ditingkatkan karena beberapa waktu lalu ketika kami meninjau Puskesmas masih ada yang tidak melayani warga," kata Thaher.

Ia menegaskan pelayanan kepada warga atau pasien menjadi yang paling penting dan menjadi perhatian prioritas dunia kesehatan. Contoh sederhana, seorang tenaga kesehatan harus dapat bersikap ramah dan baik dalam melayani pasien.

Thaher menambahkan kesehatan memang perlu, tetapi kesegaran jasmani juga dibutuhkan. "Karena sehat belum tentu segar, artinya jika kita sudah merasa segar, kita dalam melakukan pekerjaan tidak akan merasa lelah berlebihan," ucapnya.

Pada peringatan HKN ke-56, bupati juga menyerahkan sertifikat akreditasi sembilan Puskesmas di wilayah tersebut, yakni Puskesmas Watdek, Puskesmas Kolser, Puskesmas Rumat, Puskesmas Danar, Puskesmas Ohoira, Puskesmas Elat, Puskesmas Larat, Puskesmas Weduar, dan Puskesmas Holat.

Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kepada Ohoi Yatvav, Kecamatan Kei Kecil Barat sebagai Ohoi STBM pertama di Malra. Selain itu, juga menyerahkan Antropometri Kit untuk Ohoi lokus stunting kepada Ohoi Mastur Lama, dan piagam penghargaan Ohoi Open Defication Free (ODF) kepada Ohoi Weduar, Kecamatan Kei Besar Selatan.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020