Wakil Ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut selaku koordinator komisi I yang menangani masalah hukum dan politik telah melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember 2020 di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

"KPU Kabupaten MBD siap untuk menggelar Pilkada serentak 2020 karena seluruh tahapan sudah berjalan sesuai dengan apa yang dijadwalkan," kata Sairdekut di Ambon, Jumat.

Menurut dia, setelah Komisi I berbagi tim dan melakukan kunjungan ke Kabupaten MBD kemudian melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah dan KPU setempat.

Seluruh kesiapan sampai saat ini sesuai dengan apa yang sudah dijadwalkan dan masih berlangsung tahapan kampanye, namun mulai awal pekan pertama Desember 2020 sudah memasuki masa tenang.

"Yang menjadi masalah saat ini adalah KPU Pusat telah mengeluarkan Peraturan KPU yang baru sejak beberapa hari lalu yang memungkinkan KPU kabupaten/ kota harus melakukan konsultasi ulang," ujar Melkianus. 

Namun yang jelasnya, seluruh pembiayaan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah yang telah ditandatangani sudah digunakan sebagaimana mestinya.

"Tinggal menunggu waktu pencoblosannya saja dan saya tegaskan bahwa KPU MBD telah siap melaksanakan tugas-tugasnya untuk menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020," tandasnya.

Empat kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Buru Selatan dan MBD.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020