PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menghadirkan solusi pembayaran di Ibu Kota Provinsi Maluku.

Dukungan LinkAja dalam mempercepat implementasi transaksi digital, dilakukan proses penandatanganan Nota Kesepahaman MoU)  dengan Pemkot  Ambon terkait digitalisasi ekosistem strategis di Kota Ambon, Rabu.

Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja mengatakan, kerja sama strategis antara LinkAja dengan Pemkot Ambon merupakan bentuk komitmen dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

"Kami berharap layanan keuangan digital yang ditawarkan dapat mempermudah masyarakat kota Ambon dalam melakukan berbagai pembayaran, seperti pajak dan retribusi, pendidikan, transportasi, perdagangan, dan pembayaran tagihan atau transaksi untuk beragam kebutuhan lainnya secara nontunai terlebih di era pandemi COVID-19," katanya.

Dijelaskannya, metode pembayaran secara cashless atau tanpa uang tunai dapat menekan penyebaran penularan virus COVID-19.


Kolaborasi strategis yang dilakukan antara LinkAja dengan Pemerintah Kota Ambon mencakup digitalisasi pembayaran di wilayah kota Ambon di berbagai sektor, antara lain digitalisasi pembayaran pajak dan retribusi, UMKM dan pasar, digitalisasi area wisata, pendidikan, transportasi, perdagangan dan jasa serta penyaluran bantuan sosial yang dikelola oleh pemda.

"Kami berharap kerjasama ini memperluas terselenggaranya pembayaran nontunai di berbagai sektor, baik itu sektor perdagangan dan jasa, pelayanan publik, maupun penyaluran bantuan pemerintah daerah kepada masyarakat," ujarnya.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyambut baik kerja sama strategis tersebut, sebagai upaya peningkatan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat di Kota Ambon.


Pemkot Ambon bersama LinkAja siap melakukan percepatan dan perluasan digitalisasi demi peningkatan efisiensi dan efektifitas layanan publik sebagai upaya untuk mendukung transparansi dalam sistem pemerintahan, guna mengoptimalkan pendapatan daerah dan kesehatan fiskal.

"Semoga ke depannya implementasi ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat maupun Pemerintah Kota Ambon, " katanya.

Mempermudah transaksi warga Ambon dan sekitarnya, LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja telah hadir dalam memberikan berbagai banyak kemudahan dalam bertransaksi secara digital, di berbagai modern retail (CV Dian Pertiwi Group, Fris Fresh Market, Super Mart Ambon), pasar tradisonal transit Passo, pusat kuliner ternama (Café Pelangi, Café Kayu Manis, Neo Café), pembelanjaan oleh- oleh (Toko oleh – oleh Hidayah, Santos Jewellery, Toko oleh-oleh Kerang Mutiara) dan berbagai titik transaksi di Ambon.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021