Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan intensif melakukan  pemantauan dan pengawasan di beberapa titik sering terjadi kemacetan kendaraan guna memberi kenyamanan bagi masyarakat menjelang hingga pelaksanan Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

Kasat Lantas Polres  Kota Ternate, AKP Setiaji Nor Atmojo di Ternate, Selasa, mengatakan, telah menyiapkan rekayasa lalulintas dan membuat skema menjelang Bulan Suci Ramadan, dengan melakukan pemantauan sekaligus patroli memantau situasi di ibu kota Provinsi Malut. 

"Untuk Bulan Suci Ramadan nanti, akan ada unit Dikyasa Satlantas Polres Ternate yang akan turun ke jalan, untuk melakukan sosialisasi dan mengeluarkan imbauan kepada masyarakat, terutama pengguna kendaraan yang masih menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir," ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan ada kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) kota Ternate untuk sama-sama melakukan penertiban di beberapa titik yang sering menjadi macet menjelang bulan puasa ini.

"Kita akan bekerja sama dengan  Dishub untuk sama-sama memantau titik-titik yang sering terjadi macet, terutama di kawasan Pasar Gamalama maupun Taman Nukila," kata Setiaji.

Dia mengakui, dari beberapa titik yang dipantau itu diantaranya mulai dari depan pasar Higienis, depan pasar Barito, depan Jatiland Mall, Jalan Pahlawan Revolusi, depan Pantai Falajawa, depan Muara Mall, Dua Sekawan Jati, pasar Bastiong dan Dufa-Dufa.

Sedangkan, mengantisipasi kemacetan di kawasan Pasar Gamalama, Pemkot Ternate membongkar sebagian lapak untuk dijadikan jalan menuju ke kawasan terminal Gamalama.

Penjabat Wali kota Ternate, Hasyim Daeng Barang ketika dikonfirmasi menyatakan, pihaknya telah membuka akses pintu masuk terminal untuk ujicoba, karena  kemacetan yang sering terjadi di areal terminal dan pasar Gamalama, terutama menjelang Ramadan nanti.

Dia memerintahkankan Dishub Kota Ternate, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) beserta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk membongkar beberapa unit lapak yang terletak di bagian jalan raya pasar Gamalama. 

Hasyim mengatakan, pembongkaran lapak itu sesuai hasil rapat bersama Dishub dan dinas terkait lainnya.

Menurutnya, dengan membongkar beberapa lapak dan membuka akses pintu masuk dari arah Timur akan mengurangi tingkat kemacetan yang sering terjadi di depan pasar Higenis maupun  Barito.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021