Program BRILink yang mengajak keterlibatan pelaku usaha untuk memberikan layanan perbankan kepada masyarakat dapat menjadi peluang untuk peningkatan bisnis pelaku usaha sekaligus membantu masyarakat yang lebih luas mengakses layanan perbankan.

Pemimpin BRI cabang Ambon Eko Setyanto dalam keterangan pers yang diterima di Ambon, Sabtu menjelaskan fasilitas perbankan yang ada dalam program BRILink memberikan peluang peningkatan kapasitas bisnis para pelaku usaha yang bergabung menjadi agen BRILink.

"Jadi untuk meningkatkan usaha, yang kemudian kita berikan fasilitas BRILink biar transaksinya bisa terkait dengan usahanya, orang beli bayar pakai BRILink bisa. Misalnya pembeli, mereka beli sesuatu dan sekalian menggunakan fasilitas BRLink," kata Eko dalam pertemuan dengan para agen BRIlink di Ambon beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan, fasilitas yang ada dalam program BRIlink dan bisa diakses oleh agen BRILink hampir sama dengan yang ada di anjungan tunai mandiri (ATM) sehingga dapat melayani masyarakat yang membutuhkan akses layanan perbankan dengan lebih baik.

Dalam masa pandemi saat ini, program BRILink yang digawangi oleh para agen BRILink dapat membantu masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan, mereka dapat menjangkau agen BRILink yang berada di dekat rumah atau tempat usaha mereka, sehingga meminimalisir mendatangi lokasi keramaian atau bepergian jauh.

Ketua Paguyuban Agen BRILink Paskalis Lakonawa mengatakan para agen sudah merasakan manfaat dalam mengembangkan program ini. Ia mengatakan di Ambon setidaknya ada 800 agen BRILink yang melayani masyarakat yang tersebar di berbagai lokasi.

Sementara agen BRILink lainnya, Maya Nanulaita mengatakan program yang dimiliki BRI ini memberikan kemudahan kepada masyarakat saat memerlukan transaksi perbankan tidak perlu mendatangi kantor BRI tapi bisa melalui agen BRILink sehingga memudahkan masyarakat.

BRILink merupakan perluasan layanan BRI yang menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai agen untuk melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara "real time" menggunakan fitur EDC mini ATM BRI dengan konsep sharing fee.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila nasabah atau masyarakat ingin bergabung menjadi agen BRILink antara lain memastikan lokasi usaha tidak berdekatan dengan kantor cabang BRI. Kemudian memastikan memiliki usaha produktif. Setelah itu melengkapi dokumen identitas pribadi, dokumen legalitas usaha dan buku rekening Bank BRI dan kemudian mendatangi kantor cabang BRI terdekat untuk mengurus pendaftaran dengan membawa dokumen yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021