Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Maluku, kembali melakukan vaksinasi COVID-19 massal yang kini menargetkan masyarakat kelompok rentan, yang dilaksanakan pada 11 hingga 19 Juni 2021.

"Kami kembali melakukan vaksinasi massal tahap III diperuntukan bagi masyarakat kelompok rentan, yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka," kata Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy, Senin.

Vaksinasi tahap tiga katanya, diperuntukkan untuk masyarakat usia 18 -60 tahun ke atas penerima bantuan BPJS/KIS yang dibayarkan pemerintah, penyandang disabilitas, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penggunan Napza dan masyarakat terlantar.

"Selain itu kita juga melanjutkan pemberian vaksinasi tahap dua bagi pelayan publik, tokoh agama, masyarakat, pelaku usaha dan lainnya yang telah menerima vaksinasi tahap pertama, " katanya.

Baca juga: Dinkes Ambon sasar vaksinasi COVID - 19 pra lansia, begini penjelasannya

Wendy menjelaskan, vaksinasi massal secara gratis bagi kelompok rentan dilaksanakan sebagai upaya mengejar target vaksinasi kota Ambon yakni 75 persen dari jumlah penduduk.

"Target kita 75 persen dari jumlah penduduk penerima vaksinasi yakni sebanyak 224 ribu orang, " ujarnya.

Hingga saat inu sebanyak 51 ribu warga kota telah menjalani vaksinasi COVID-19.

"Sampai hari ini sebanyak 51 ribu warga kota telah divaksin COVID-19, kita berupaya terus untuk memenuhi target yang ditetapkan pemerintah," katanya.

Ia menambahkan, disabilitas dan ODGJ menjadi sasaran vaksinasi, diharapkan dapat memberikan kesempatan dan pelayanan yang sama.

Calon penerima vaksin juga harus lulus pemeriksaan kesehatan awal mencakup tekanan darah (di bawah 180/110 mmHg), suhu normal yakni di bawah 37,5 derajat Celcius.

Bagi yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid harus memastikan penyakitnya terkendali atau mengantongi surat rekomendasi dari dokter yang memeriksa.

Baca juga: Polda Malut lakukan vaksinasi massal, begini penjelasannya
Baca juga: Surat vaksinasi di daerah ini jadi syarat pembuatan SKCK, bagaimana kalau dicoba di Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021