Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki melaksanakan kegiatan Pekan Serbuan Vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim di pesisir Provinsi Maluku, di pos TNI AL (Posal) Larat Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Sasarannya adalah masyarakat yang berada di desa pesisir, pelabuhan, binaan dan yang berada di sekitar Mako Lanal. Peserta vaksin berasal dari Desa Ridol, Watidal dan Ritabel dengan jumlah 70 orang," kata Komandan Lanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa di Saumlaki, Rabu.

Ia mengatakan, mekanisme kegiatan vaksin dimulai dari pendaftaran, pengecekan suhu, tensi, verifikasi, registrasi, konsultasi dokter (screening), penyuntikan vaksin dan observasi. Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

Menurut dia, masyarakat setempat terlihat sangat antusias dan tetap bersabar mengantre dengan protokol kesehatan sebelum divaksin. Danlanal mengajak warga yang belum divaksin agar segera berpartisipasi untuk memperoleh kekebalan tubuh dari virus corona.

Baca juga: 13,33 juta jiwa penduduk Indonesia sudah vaksinasi dosis lengkap, masih jauh dari 70 persen populasi

"Diharapkan kepada warga yang belum melaksanakan vaksin agar segera mengikuti kegiatan ini untuk mendapatkannya dan bagi warga yang sudah melaksanakan vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Jalasenastri Cabang III Korcab IX Saumlaki Metty Ridwan Musa, Danposal Larat Letda Laut (S) Hanung Sasongko, perwira staf dan personel Lanal Saumlaki serta anggota Jalasenastri.

Sedangkan tim vaksinator yang melaksanakan giat tersebut adalah Pa Ur Polum BP Lanal Saumlaki Letda Laut (K) dr. Dipta Bagus Yudha Peratama, Ur Polum BP Lanal Saumlaki Sertu Apm Trimo Usodo, Ur Laborat Lanal Saumlaki Serda Apk Zainal Abidin, serta Ur Data BP Lanal Saumlaki Kopda Apm Hasan Odeh.

Baca juga: Polda Maluku-Kodam Pattimura laksanakan program serbuan vaksinasi di 61 lokasi
Baca juga: Pangdam XVI/ Pattimura ajak masyarakat ikut Vaksinasi massal COVID-19, begini penjelasannya

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021