Aparat Polsek Waeapo intensif melaksanakan razia di area tambang emas Gunung Botak, Kawasan Desa Persiapan Wansait, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Maluku guna mencegah terjadinya aksi penambangan ilegal.

"Dalam razia kali ini, tim dipimpin Kapolsek Waeapo, Ipda Zainal dan melibatkan belasan warga setempat yang terdiri dari tokoh masyarakat adat, pemilik lahan maupun para pemuda," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat di Ambon, Jumat.

Patroli yang dimulai sejak pukul 10.00 WIT hingga pukul 13.00 WIT ini tidak menemukan adanya aktivitas Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI).

"Tidak ada kegiatan penambangan emas ilegal saat dilakukan razia dan hanya tersisa puing-puing bekas kegiatan penambangan emas yang telah dirusak dan dibakar oleh petugas Polsek Waeapo dalam penyisiran pada Kamis, (5/8)," ujarnya. 

Pihaknya juga telah memberikan imbauan kepada masyarakat yang mendiami sekitar kawasan tersebut agar tidak memasuki area pertambangan, apalagi mengolah emas menggunakan bahan kimia berbahaya seperti merkuri dan sianida. 

"Personel juga langsung memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak memasuki area tambang dan melakukan aktivitas penambangan ilegal," ujar Kabid Humas.

Selain itu, polisi juga memberikan arahan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga alur sungai di jalur B Dusun Wamsait. 

"Kalau ada kegitan penambangan emas tanpa izin agar bisa melapor ke Polsek Waeapo atau pos Polisi terdekat bila melihat orang yang melakukan kegiatan penambangan emas," pintanya.

Personel Polsek Waeapo juga akan melakukan patroli secara rutin di lokasi tambang emas Gunung Botak.

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kegiatan penambang emas tanpa izin," tandasnya.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021