Jaringan rumah sakit nasional Hermina menjajaki peluang investasi layanan kesehatan di Kota Ambon, Maluku.

"Kota Ambon pada 2021 mendapatkan investasi rencana pembangunan rumah sakit Hermina, yang sesuai rencana lokasinya di kawasan transit Passo," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Rabu.

Rencana investasi telah dilakukan manajemen Hermina dengan Pemkot Ambon dalam hal ini Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) dan Dinas Kesehatan.

"Rencana investasi ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta layanan kesehatan kepada masyarakat," ujar Richard.

Kepala DPMTSP Kota Ambon, Fernanda Louhenapessy menyatakan, pihaknya telah melakukan rapat dengan calon investor, yakni manajemen pusat rumah sakit Hermina dengan tenaga pendamping dari Ambon.

Manajemen rumah sakit Hermina telah datang memperkenalkan diri dan menyatakan niat untuk membangun rumah sakit tipe C di Ambon.

Pihaknya telah mendiskusikan model perizinan sistem daerah (simantap) maupun sistem Online Single Submission (OSS) Risk Based Approach (RBA) atau berbasis risiko.

Selain itu kelengkapan dari setiap perijinan telah disampaikan ke manajemen RS Hermina sebagai bentuk kesiapan perizinan.

"Kami menunggu langkah selanjutnya dari manajemen. Prinsipnya kami siap menyambut investor baru di kota Ambon, " tandas Fernanda.

Manajemen rumah sakit Hermina juga akan melakukan MoU bidang kesehatan dengan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon untuk mempersiapkan tenaga dokter.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021