Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) menyatakan, seluruh rombongan para kafilah dari berbagai Provinsi terus berdatangan untuk mengikuti perlombaan Seleksi Tilawatil Qur'an tingkat Nasional di Sofifi. 

Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Rahwan K Suamba kepada ANTARA, Kamis, mengatakan, kedatangan rombongan kafilah di Bandara Baabullah Ternate pada hari ini berasal dari 18 Provinsi sejak mulai pada pukul 06.47 WIT dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia yang terdiri dari tiga provinsi yakni, Provinsi DKI Jakarta sebanyak 50 orang, Provinsi  Banten 48 orang dan Provinsi DIY Jogjakarta 43 orang. 

Sedangkan rombongan Kafilah yang menggunakan Batik Air pada pukul 08.25 WIT terdiri dari tiga Provinsi diantaranya, Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah rombongan 48 orang, Provinsi Jambi 41 orang dan Provinsi Lampung 32 orang. sementara Pada Pukul 11.27 Rombongan dari Nusa Tenggara Barat berjumlah 34 orang, Jawa Tengah 48 orang, Jawa Barat 56 orang, Kalimantan Barat 44 Orang, Kalimantan Timur 52 Orang. 

Sementara pada Pukul 14.00 WIT Kafilah dari Sulawesi Barat berjumlah 41 orang, Gorontalo 32 orang, Jawa Timur 52 orang, Kalimantan Utara 12 orang, Sulawesi Selatan 48 orang dan pada Pukul 16.20 rombongan dari Maluku berjumlah 29 orang dan Sulawesi Utara 26 orang, sehingga total khafilah sebanyak 712 peserta tiba di Malut

"Rombongan kedatangan Kafilah se-Indonesia sebagian besar sudah tiba di Sofifi, sedangkan untuk Provinsi Bali rencananya tiba besok hari," ujarnya.

Baca juga: Panitia siagakan personel jemput peserta STQN, tuan rumah harus sukses

Selain itu kata Rahwan, yang juga sebagai Ketua Bidang Publikasi dan IT STQ Nasional menambahkan, bahwa selain Rombongan Kafilah dari berbagai darerah se Indonesia, telah tiba juga di Maluku Utara adalah para Dewan Hakim. 

"Alhamdulillah hingga hari ini berjalan lancar, Insya Allah semoga tidak ada hambatan dalam melayani kedatangan para tamu Allah di bumi Maloku Kie Raha," ujar Rahwan.

Kedatangan para rombongan Kafilah dari 18 provinsi ini langsung di sambut oleh Asisten I Gubernur Idham Umasangadji, Asisten II Gubernur Sri Hatari, Asisten III Gubernur Asrul Gailea.  Para rombongan setelah tiba di badara Sultan Babullah Ternate langsung diarahkan oleh masing-masing LO menuju ke pelabuhan Ahmad Yani untuk menuju ke lokasi STQ di Sofifi melalui dua Kapal Cepat yang disiapkan oleh panitia STQ Nasional Provinsi Malut.

Sementara itu, hingga hari ini, telah ada 31 daerah yang membawa kontingennya mengikuti STQN di Sofifi dan dijadwalkan untuk Jumat (15/10) Besok, kontingen dari Provinsi Bali akan tiba di Kota Ternate

Baca juga: Pemkot Ternate "jual" objek wisata manfaatkan momen STQN

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021