Kapolres Kepulauan Tanimbar, Maluku, AKBP Romy Agusriansyah mengatakan, seluruh awak KM. Tanimbar Bahari berjumlah 15 orang yang mengalami musibah kecelakaan laut di perairan Saumlaki telah ditemukan pada 5 Januari 2022 dalam kondisi selamat.

"Semua awak kapal khusus pengangkut barang asal Surabaya itu dalam keadaan selamat dan telah dievakuasi ke darat," kata Kapolres yang dihubungi dari Ambon, Kamis.

Menurut dia, KM. Bahari Indah dilaporkan mengalami musibah di laut sekitar pukul 16:05 WIT akibat buruknya cuaca di laut berupa gelombang tinggi disertai angin kencang.

Aparat Polres Kepulauan Tanimbar dipimpin Wakapolres telah turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan pendataan secara lebih rinci.

Sedangkan, Kabid Keselamatan Pelayaran KSOP Ambon, Pujo yang dihubungi secara terpisah membenarkan adanya kapal pengangkut barang yang tenggelam di perairan Saumlaki dan jaraknya dari garis pantai di atas 200 meter.

"Kami sementara melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik BASARNAS maupun pihak terkait untuk mengecek peristiwa ini," ujarnya.

Tetapi yang jelasnya kapal tersebut tidak bertolak dari pelabuhan Ambon, tetapi berangkat dari Surabaya, Jawa Timur  sehingga tidak bisa diketahui kargo dan spesifikasi kapalnya.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022