Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, siswa yang belum menjalani vaksinasi COVID-19 tetap diperkenankan untuk mengikuti proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

"Pelaksanaan PTM di sekolah tetap dilaksanakan dan khusus siswa tingkat SD dengan sasaran anak usia 6 hingga 11 tahun di wilayah Kota Ternate tetap diberi mengikuti pelajaran di sekolah, meskipun belum divaksinasi," kata Plt Kadiknas Kota Ternate, Bahtiar Teng di Ternate, Senin.

Dia menyatakan, vaksin anak yang sudah dimulai di Kota Ternate dan orang tua siswa agar tidak berpikir bahwa anak yang belum divaksin akan mempengaruhi penilaiannya di sekolah, karena belum ada ketentuan yang mengatur terkait dengan hal tersebut.

Kendati demikian, pemerintah telah menyiapkan vaksin bagi anak usia 6 hingga 11 tahun secara keseluruhan termasuk di Kota Ternate ini memiliki tujuan agar kekebalan tubuh bagi anak  bisa terbentuk.

Sedangkan, Wali Kota Ternate, DR Tauhid Soleman dihubungi menyatakan, pihaknya akan fokus melakukan vaksinasi untuk kelompok lansia dan anak usia 6-11 tahun guna menekan penyebaran virus COVID-19 di daerah ini.

"Saat ini, akan difokuskan untuk anak usia 6-11 tahun, lansia serta ibu hamil, sehingga capaian vaksinasi bisa tercapai," kata Tauhid yang juga Ketua Satgas COVID-19 Kota Ternate.

Dia menyatakan, khusus Kota Ternate untuk sasaran anak usia 6-11 tahun sebanyak 21.728 orang, kelompok remaja capaian vaksinasinya 20.722 orang dan ibu hamil 4.367 orang.

"Kendati demikian, saat ini, untuk Kota Ternate capaian vaksinasi total semua tahapan telah mencapai 74,18 persen atau 112.528 orang dari  sasaran 151.689 orang," tandas Tauhid.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022