Pelaksanaan kegiatan forum bisnis dan investasi serta expo Maluku Baileo Exhibition di Makassar (Sulsel) diharapkan bisa menarik minat para distributor untuk memasarkan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Maluku ke luar daerah.

"Tujuan utama ajang tersebut untuk memamerkan dan memasarkan potensi UMKM dari 11 kabupaten/kota Maluku," kata Ketua F-Partai Gerindra DPRD Maluku, Andi Munaswir di Ambon, Selasa.

Menurut dia, manfaat yang diharapkan adalah dapat menarik minat distributor besar di Makassar sebagai pusat bisnis di kawasan Indonesia Timur.

Namun komoditi unggulan yang dilirik distributor haruslah bisa memenuhi permintaan pasar secara berkelanjutan.

Selain itu,  Pemprov Maluku juga menawarkan investasi kepada ratusan calon-calon investor yang diundang, termasuk menawarkan berbagai potensi pariwisata dan potensi kekayaan alam Maluku lainnya kepada calon investor.

"Ajang  seperti ini diharapkan dapat mendatangkan keuntungan ekonomi yang masif bagi masyarakat di daerah ini," ujar Andi.

Dalam pelaksanaan kegiatan forum bisnis dan investasi serta expo Maluku Baileo Exhibition kali ini juga dilakukan kerja sama saling menguntungkan antara Pemprov Maluku dengan Pemprov Sulsel.

Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra mengatakan, kerja sama saling menguntungkan di sektor perikanan atau perkebunan misalnya haruslah bisa berorientasi ekspor.

"Melalui kerja sama seperti ini, setidaknya peluang pasar untuk berbagai hasil komoditi unggulan Maluku semakin terbuka dan bukan saja di dalam negeri tetapi juga ke mancanegara," katanya.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022