Bupati Maluku Tenggara (Malra) menginginkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang cepat dan tepat dalam pelayanan kepada masyarakat lebih khusus di wilayah Kecamatan Kei Besar Utara Timur (Kebut).

Keinginan ini diutarakan Bupati Malra, M Thaher Hanubun dalam sambutannya ketika melantik dan mengambil sumpah Pejabat Administrator Camat Kei Besar Utara Timur di ruang kerjanya, Senin (21/2) malam.

"Saya menginginkan kinerja ASN yang cepat dan tepat, terutama pada permasalahan pelayanan kepada masyarakat di Kei Besar Utara Timur yang merupakan wilayah Lokasi Prioritas (Lokpri) dimana perhatian pembangunan ditujukan ke situ," ungkap Thaher dalam sambutannya yang diterima Antara, Rabu.

Jadi, saya minta keterlibatan saudara sebagai aparatur negara bersama aparatur lainnya yang sudah ditempatkan disana untuk membantu memberikan dukungan, sehingga mempercepat pembangunan di wilayah Kebut.

Termasuk didalamnya harus diupayakan penurunan angka kemiskinan dan stunting, kata Thaher.

Baca juga: Fenomena Air Salobar potensial jadi destinasi wisata Maluku Tenggara yang harus dikunjungi traveller

Selain itu juga, menjadi Camat bukan hanya dalam konteks Kepala Perangkat Daerah, namun memiliki fungsi dan peran dalam mengkoordinisikan  kegiatan pemberdayaan masyarakat, menjaga keamanan dan ketertiban umum, serta membina penyelenggaraan pemerintahan.

Kemudian, Thaher dikesempatan tersebut juga mengingatkan kepada Camat yang baru dilantik, "masih ada pekerja rumah di wilayah tersebut, yakni baru 10 persen dari 30 Ohoi atau Desa di wilayah tersebut yang baru memiliki Kepala Ohoi definitif, sehingga saya harap ini menjadi perhatian untuk segera dibereskan dengan pendekatan-pendekatan tanpa menghilangkan aturan atau tatanan adat kita,".

Thaher pada kesempatan tersebut juga menegaskan bahwa, pelantikan dan pengambilan sumpah ini adalah dalam rangkaian penyelenggaraan pemerintahan dan pengambilan keputusan dalam mutasi dan rotasi ini guna meningkatkan kinerja dan stabilisasi pelaksanaan tugas dan fungsi.

"Saya harap kepercayaan yang diberikan ini harus dijaga oleh saudara Camat, dan bekerjalah kepada keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara." pungkas Thaher.

Perlu diketahui, Camat Kebut yang dilantik dan diambil sumpah yakni Candra Namsa, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Maluku Tenggara, Nomor 821.23/SK/01/2022 tentang penetapan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan administrator Lingkungan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

Baca juga: Bupati Malra: Kei Beri Kontribusi Luar Biasa Bertambahnya Jumlah Imam Katolik
Baca juga: Bupati Malra Harap Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Munculkan Kebutuhan Riil Masyarakat

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022