Polisi bersama pemadam kebakaran (Damkar) membantu memadamkan kebakaran pada 20 unit warung makan yang berada di samping Pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

“Pada pukul 05.55 WIT tiga unit mobil damkar, beserta dua mobil pendukung tiba di tempat kejadian perkara dan langsung memadamkan kobaran api tersebut dan pada pukul 07.21 WIT api berhasil dipadamkan,” kata Kapolsek Salahutu AKP La Maru di Ambon, Selasa. 

Menurutnya, pemicu kebakaran tersebut diduga berasal dari arus pendek listrik pada warung milik bapak Zainudin yang tepat berada di tengah. 

“Menurut pemilik warung beliau baru selesai melaksanakan salat subuh tiba-tiba sudah terlihat api,” ujarnya. 

Baca juga: Tim SAR evakuasi 98 penumpang kapal terbakar di Laut Aru Maluku, begini kronologinya

Akibat dari peristiwa kebakaran tersebut, bapak Zainudin mengalami luka bakar ringan pada wajah dan tangan dan kerugian materiil berupa seluruh warung yang hangus terbakar tanpa ada yang bisa diselamatkan.

“Tidak ada barang yang bisa diselamatkan, karena seluruh pemilik warung memang tidak berada di tempat,” katanya.

Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 05.35 WIT, bertempat di kompleks pelabuhan Hurnala, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu.

Menurut Keterangan satpam yang bertugas menjaga area pelabuhan, menjelaskan bahwa awalnya ia mengetahui telah terjadi kebakaran dari rekannya. Kemudian saksi dan rekannya berusaha mencari bantuan namun dikarenakan masih sangat pagi dan belum ada aktivitas di dalam pelabuhan, maka tidak ada masyarakat yang dapat padamkan api. 

Baca juga: empat rumah dinas Polres SBT terbakar diduga karena arus pendek listrik

“Saksi mencoba memadamkan api dengan cara menyiram, namun dikarenakan sumber air yang sulit dan juga pada saat itu air laut sedang surut membuat saksi kesulitan untuk memadamkan api,” jelas La Maru. 

Ia menyampaikan, mengetahui hal itu, polisi langsung bertindak turun ke TKP, memasang garis polisi dan meminta keterangan saksi. “Kami juga akan melaksanakan olah TKP,” tambahnya.

Baca juga: Kebakaran rumah di Tulehu Maluku akibat bara api rokok

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022