Pemerintah Kota Ambon mendorong penyelenggaraan kejuaraan tinju di daerah untuk semakin meningkatkan kualitas para atlet dalam mengukir prestasi mereka.

"Pemkot akan terus mendukung berbagai kegiatan kejuaraan tinju seperti ini dalam rangka memberikan ruang bagi para atlet untuk mengembangkan diri dan menunjukkan prestasinya," kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena di Ambon, Jumat malam.

Penegasan Pj Wali Kota Ambon ini disampaikan saat menutup kejuaraan tinju Porkot dan kejuaraan tinju youth and junior memperebutkan Piala Pertina Maluku 2022 di Sport Hall Karangpanjang Ambon.

Menurut dia, penyelenggaraan Porkot kali ini dalam rangka menyeleksi para petinju kota ambon untuk nantinya mewakili daerah ini dalam Popmal 2022.

Baca juga: 206 petinju amatir berlaga di "Bupati Maluku Tenggara Cup", bangkitkan lagi tinju Maluku


"Tujuannya penyelenggaraan kejuaraan tinju ini mesti dimaknai sebagai bagian dari upaya Pertina Kota Ambon lalui KONI kota memberikan ruang yang cukup bagi seluruh atlet bisa menunjukkan kualitasnya," tandasnya.

Karena itu pemerintah kota berharap setiap penyelenggaraan pertandingan tinju seperti ini harus bisa memajukan cabang olahraga beladiri andalan daerah ini.

Jadi seluruh unsur terkait dalam kejuaraan tinju baik pembina, pelatih, official, hingga para atlet supaya fokus untuk meningkatkan kualitas tinju di Kota Ambon sehingga nantinya para atlet ini bukan saja mampu berbicara di tingkat daerah atau nasional tetapi juga tingkat dunia.

"Dalam sebuah pertandingan baik yang menang maupun kalah bukan menjadi akhir dari sebuah perjuangan, tetapi pembinaan ini harus terus dikembangkan untuk lebih meningkatkan kualitas dan sportifitas dalam bertanding," ucapnya.

Ketua Umum KONI Kota Ambon, Agus Ririmase mengatakan, lewat kejuaraan seperti ini diharapkan kepada seluruh atlet tinju untuk terus mengembangkan prestasi di cabang olahraga tinju.

"Selain mengukir prestasi terbaik, lewat olahraga ini kita sama-sama membangun kebersamaan dan tetap menjaga sportifitas," tandasnya.


Baca juga: Pertina Ambon gelar pertandingan rutin cari petunju berbakat, cabang olahraga andalan Maluku

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022