Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut), menggandeng personel Pos Salimuli Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Yonarhanud 3/Yby, untuk menjadikan buah aren sebagai komoditas bernilai ekonomi.

Kepala Dinas UKM/Koperasi Kabupaten Halmahera Utara, Alwi Tutupoho dihubungi di Ternate,  Jumat, mengatakan buah aren selama ini belum dimanfaatkan masyarakat setempat karena belum tahu cara mengolahnya. Saat ini Dinas UKM/Koperasi mulai mempelajari pengolahannya secara baik agar bernilai ekonomis.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menggandeng Satgas Yonarhanud untuk dapat mengolah buah aren ini menjadi sebuah produk sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sejauh ini masyarakat belum ada yang mengolah buah ini menjadi kolang kaling yang bergizi tinggi dan bernilai ekonomi.

Di Desa Pelita Kabupaten Halmahera Utara ini, masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai nelayan dan berkebun, banyak tanaman aren yang kurang dimanfaatkan buahnya sehingga satgas mempunyai inisiatif untuk mengolah buah ini menjadi kolang kaling.

Pihaknya berharap pengolahan buah aren bisa menambah penghasilan keluarga dan  meningkatkan gizi masyarakat setempat.

Ia menambahkan kolang kaling sangat menyehatkan karena mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan, seperti flavonoid, polifenol dan saponin.

Bahkan mempunyai lima manfaat untuk kesehatan tubuh yaitu dapat melancarkan pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, memelihara kesehatan jantung, meredakan nyeri sendi dan mencegah dehidrasi.

Sementara itu, petugas Pos Koki Salimuli Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby memberikan contoh pengolahan kolang kaling kepada masyarakat Desa Pelita Kecamatan Galela Utara.

Dansatgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby Letkol Arh Achmad Yani, dalam keterangan tertulisnya mengatakan pembuatan kolang kaling dari Pos Salimuli ini merupakan inovasi yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat dan mempunyai nilai ekonomi.

Sosialisasi pengolahan kolang kaling oleh Satgas Yonarhanud 3/Yby dihadiri Kepala Dinas UKM/Koperasi dan jajaran karena mendapat atensi dari Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manarey. Sosialisasi ini inovatif karena memanfaatkan barang yang terbuang menjadi komoditas bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini selain dihadiri Kepala Dinas UKM/koperasi Kabupaten Halmahera Utara Alwi Tutupoho juga dihadiri Dansatgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han, Pasiops Satgas Letda Arh Tri Utomo Akbar, S.Tr. Han, Kepala Desa Pelita Betty Lahete dan warga Desa Pelita.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023