PT Pertamina Patra Niaga menjamin ketahanan stok Bahan Bakar Minyak atau BBM di Maluku Utara (Malut) aman dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga usai Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023.

"Jadi saya bisa pastikan kepada seluruh masyarakat di Maluku Utara, baik Ternate, Tidore maupun di Halmahera secara umum ketahanan stok kita aman," kata Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Sub Holding Comersial and Trading Regional Papua Maluku, Edy Mangun saat melakukan kunjungan kerjanya di Ternate, Rabu.

Dia menyebut, stok yang ada saat ini, masih akan terus bertambah karena pasokan BBM melalui kapal penyuplai pada 18 April 2023 masuk menambah ketahanan stok yang sudah ada di Fuel Terminal Ternate di Kelurahan Jambula.

Menurut Edi, stok seluruh jenis BBM yang tersedia di Fuel Pertamina Ternate sangat aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang hingga pasca Lebaran.

Selain untuk memenuhi kebutuhan BBM di Ternate, ketahanan stok yang ada saat ini juga untuk memenuhi suplai ke Kota Tidore Kepulauan dan beberapa daerah lainnya di Halmahera.

Oleh karena itu, hingga hari ini, jam pelayanan tetap normal, karena kalau Pertamina mengubahnya, biasanya harus koordinasi dengan pemerintah daerah, dan sampai hari ini belum ada permintaan dari Pemda kabupaten/kota setempat.

"Tapi jika itu diperlukan tambahan jam layanan, dalam sehari dua ini bisa saja kita berlakukan. Mungkin di SPBU tertentu ada penambahan jam layanan tergantung permintaan/kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, hingga kini ketahanan stok kita untuk minyak tanah sampai dengan 14 hari ke depan, avtur 6 hari, solar 13 hari, pertalite 10 hari, dan pertamax mencukupi hingga 19 ke depan.

Sebelumnya, Pertamina Sales Area Malut menjamin ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak BBM (BBM) untuk masyarakat di Kota Ternate dan berbagai daerah lainnya mencukupi hingga Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sales Branch Manager Rayon I Malut, Gatot Subroto menyatakan, untuk kebutuhan BBM jenis minyak tanah ketahanan stoknya hingga 13 hari ke depan, avtur 6 hari, solar 14 hari, Pertalite 49 hari dan Pertamax ketahanan stoknya mencapai 18 hari ke depan, akan tetapi, dari stok BBM masih akan terus bertambah.

Sedangkan, khusus kebutuhan BBM untuk masyarakat di Kota Ternate, semua produk BBM masih aman dan bahkan, hari ini, kedatangan tanker lagi yang akan memperkuat ketahanan stok untuk 10 hari ke depan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023