Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Maluku menjajaki kerja sama bidang pendidikan dan seni dengan Charles Darwin University Australia.

Rektor IAKN Ambon, Yance Rumahuru menyatakan, pihaknya sementara menjajaki kerja sama dengan Charles Darwin University dan lembaga pemerintah di Australia untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan seni.

"Kunjungan ke Darwin kami akan membahas kelanjutan kerja sama melalui MOU antara Charles Darwin University dan IAKN Ambon untuk pengembangan Tri Dharma penelitian, pengajaran dan pengembangan," Katanya di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, peluang kerja sama mendapat dukungan dari Konsulat Jenderal (Konjen) Indonesia di Australia, dengan harapan jalinan kemitraan guna pengembangan seni dan budaya.

"Peluang kerjasama yang dilakukan diharapkan tidak hanya di Darwin tetapi dapat berlanjut ke kota lain di Australia, sebagai upaya membangun kerjasama, kolaborasi internasional untuk pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni," katanya.

IAKN Ambon katanya, memiliki program studi unggulan yakni musik dan pariwisata yang diharapkan dapat mengundang banyak mahasiswa dari Australia untuk datang belajar di Ambon.

IAKN Ambon katanya, akan melakukan kunjungan ke Darwin Australia untuk acara pelepasan lomba perahu layar Darwin Ambon Yacht Race dan program Ambon Night.

"Selain untuk acara lomba perahu layar tetapi juga untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan terutama pertukaran mahasiswa dari Darwin untuk datang belajar di Ambon dan begitu juga dari Ambon bisa belajar ke Darwin," katanya.

Sebelumnya IAKN Ambon dan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Makassar melakukan pertemuan dan membahas peluang kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Australia.

Kunjungan yang dilakukan bertujuan memperkuat hubungan antara lembaga pendidikan kedua negara dan membahas kemungkinan kerja sama yang lebih luas di bidang pendidikan dan penelitian dengan Australia.

Kami berharap dukungan pemerintah Australia dalam bentuk kerja sama Perguruan Tinggi di Australia dengan perguruan tinggi di kawasan timur Indonesia, dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan dosen, juga kerja sama dalam mengembangkan program studi musik dan pariwisata," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023