Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon dan Charles Darwin University Australia menjajaki kerja sama pengembangan musik etnik.

"Pertemuan yang dilakukan IAKN bersama Charles Darwin University dan Pemerintah Kota Darwin beberapa waktu lalu di Darwin, untuk menjajaki kerja sama pengembangan musik etnik," Kata Rektor IAKN Ambon, Yance Rumahuru di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, kunjungan IAKN Ambon ke Darwin untuk membahas kelanjutan kerja sama melalui MOU antara Charles Darwin University dan IAKN Ambon untuk pengembangan Tri Dharma penelitian, pengajaran dan pengembangan.

IAKN katanya, memiliki program studi unggulan yakni musik dan pariwisata yang diharapkan dapat mengundang banyak mahasiswa dari Australia untuk datang belajar di Ambon.

"Dalam pembicaraan telah dibahas implementasi mahasiswa dari Darwin datang belajar musik etnik di IAKN atau program studi lainnya dengan pintu masuk melalui budaya musik dan secara tidak langsung berdampak bagi pariwisata kota Ambon," katanya.

Yance menyatakan, Pemerintah Kota Darwin juga mendukung kerja sama karena relasi sister city atau kota kembar Ambon Darwin selama ini belum menyentuh aspek pendidikan khususnya Perguruan tinggi.

"Secara signifikan dimulai lewat perguruan tinggi dan IAKN Ambon mendapat kesempatan yang sangat baik karena ada berapa bidang yang secara langsung itu menjadi konsentrasi bersama," katanya.

Ia menjelaskan, kerja sama yang dilakukan bukan hanya untuk bidang musik tetapi juga dari Pemerintah Kota Darwin Australia akan mengirimkan relawan untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak- anak di Maluku.

"Relawan dari Australia terutama mereka yang telah pensiun bahkan ada yang masih aktif bekerja akan datang untuk mengajar bahasa Inggris kepada anak- anak Maluku pada level sekolah dan perguruan tinggi," ujarnya.

Yance menambahkan, proses penandatanganan kerja sama akan dilakukan dalam waktu tidak terlalu lama, setelah dilakukan pertemuan lanjutan.

"Kita kan akan melakukan pertemuan lanjutan selanjutnya akan dilakukan penandatangan MOU dilanjutkan proses evaluasi yang akan berjalan secara terstruktur," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023