Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial meninjau langsung latihan tembak senjata kendaraan tempur Denkav 5/BLC di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku.

"Hari ini Denkav 5/BLC sebagai satuan kavaleri yang mengoperasikan kendaraan tempur jenis Tarantula, senjata Canon 90 milimeter dan Granade Laucher (AGL) 40 milimeter serta senjata mesin sedang 7,62 milimeter melaksanakan latihan menembak senjata kendaraan tempur bertempat di wilayah Pegunungan Basawa, Desa Eti, Kabupaten Seram Bagian Barat," ujar Pangdam XVI Pattimura dalam keterangan diterima di Ambon, Kamis.

Mayjen TNI Syafrial menuturkan, dengan adanya latihan tembak itu, para personel diharapkan dapat mahir dalam mengoperasikan senjata kendaraan tempur.

“Prajurit kavaleri harus mahir menembak senjata berat kendaraan tempur, sesuai dengan motto prajurit kavaleri Tri Daya Cakti yaitu, daya gerak, daya tembak dan daya kejut," tutur Pangdam.

Pada latihan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura juga mencoba menembak dengan menggunakan senjata Canon 90 milimeter pada kendaraan tempur Tarantula.

Usai meninjau pelaksanaan menembak senjata kendaraan tempur Denkav 5/BLC, Pangdam juga berkesempatan menyambangi pos-pos satuan tugas (Satgas) yang ada yakni, Pos Ramil Alang Asaude Desa Waesala dan Pos Kout Satgas Yonarmed 1 Kostrad, Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten SBB.

Sementara itu Komandan Denkav 5/BLC Mayor Kav. Arkom Fajri Romadon selaku pimpinan umum latihan menjelaskan, menembak senjata kendaraan tempur adalah kemampuan teknis yang wajib dimiliki personel satuan kavaleri dengan jabatan tamtama penembak senjata kendaraan tempur maupun komandan kendaraan yang memimpin kendaraan tempur (Ranpur) tersebut.

"Latihan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan prajurit dalam menembak senjata Ranpur, baik itu Danton, Baton, Danran, Danrubu dan Tabaknon serta Tabak SMS yang ada di satuan saat ini," katanya

Diharapkan para prajurit yang mengikuti latihan tersebut mampu melaksanakan penembakan kendaraan tempur saat menghadapi situasi yang berkaitan dengan tugas operasi.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023