Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura menggelar bakti sosial dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Kota Ambon, Provinsi Maluku..

"Bakti sosial yang digelar Kodam yaitu donor darah, sunatan massal, pengobatan umum dan operasi katarak," katar Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Pangdam mengatakan jumlah masyarakat yang menjadi peserta bakti sosial dengan tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia itu, yaitu 370 orang.

"Ada 235 pendonor darah, 20 anak yang ikut sunatan massal, 100 orang yang ikut pengobatan umum, dan 15 orang mengikuti operasi katarak," katanya.

Baca juga: Kodam XVI Pattimura juarai lomba jurnalistik TMMD ke-117

Selain itu, Kodam Pattimura juga turut menyantuni anak-anak stunting di Kota Ambon sebagai bentuk keperdulian terhadap persoalan stunting di daerah itu.

Ia menjelaskan  tidak hanya bakti sosial, pihaknya juga mengadakan serangkaian kegiatan olahraga hingga UMKM yang diikuti oleh forkopimda dan masyarakat di Kota Ambon.

"Baru saja kita melaksanakan senam bersama SKJ 88. Selanjutnya, di sini kita lihat bersama, sudah tergelar UMKM dalam rangka bazar yang melibatkan seluruh komponen dari Persit, PIA Ardhya Garini, Jalasenastri, Dharma Pertiwi, dan masyarakat lainnya. Selain itu, kami juga menggelar dapur lapangan, ada makanan yang disediakan secara gratis," katanya.

Nantinya upacara peringatan HUT TNI ke-78 akan dipusatkan di lapangan merdeka Kota Ambon dan melibatkan Pemerintah Provinsi Maluku, OPD dan Forkopimda di daerah itu.

Pangdam menambahkan, dirinya memohon dukungan dan restu dari masyarakat Maluku, agar rangkaian kegiatan menyongsong HUT TNI dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

"Semoga serangkaian yang dilakukan Kodam Pattimura ini dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak," demikian Syafrial.


Baca juga: Kodam XVI/Pattimura beri wawasan kebangsaan mahasiswa Unpatti Ambon

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023