Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan Perikanan (BP2MHKP) Ambon membagikan sebanyak 1.000 paket ikan segar bebas mikroplastik di Maluku tengah (Malteng) sebagai upaya menekan angka stunting di daerah itu.

"Ini merupakan serangkaian kegiatan dalam memeriahkan bulan mutu karantina yang telah dicanangkan oleh KKP. Total yang dibagikan seberat tiga ton," ucap Kasubag Umum BP2MHKP Ambon Irawan Fakaubun dalam keterangan yang diterima di Ambon, Selasa.

Irawan menyampaikan pembagian 1.000 paket ikan segar bebas mikroplastik itu dilakukan menggandeng anggota komisi IV DPR RI Abdullah Tuasikal.

"Kegiatan Pembagian ikan sehat bertujuan untuk pencegahan stunting bagi anak dan peningkatan gizi masyarakat, sehingga dihasilkan generasi muda yang cerdas," katanya.

Menurutnya dengan generasi muda yang cerdas dan sehat dalam pendidikan diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat setempat.

Baca juga: Praktisi sebut kestabilan emosi keluarga berperan untuk cegah "stunting"

"Selain itu tujuannya juga untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan peran masyarakat terhadap pentingnya mengkonsumsi ikan yang sehat dan bermutu," katanya.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPR-RI Abdullah Tuasikal menyampaikan bahwa Kementerian kelautan dan Perikanan bersama Komisi IV DPR RI telah berkolaborasi dalam kurun waktu empat tahun terakhir melaksanakan kegiatan pembagian ikan sehat dan bermutu kepada masyarakat di seluruh Indonesia termasuk di Maluku.

"Jenis ikan yang dibagi adalah Ikan Cakalang yang memiliki protein yang baik untuk pemenuhan gizi. Pembagian ikan sehat dan bermutu merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Pusat terhadap masyarakat, khususnya di Kabupaten Maluku Tengah," tuturnya.

Ia melanjutkan, jumlah tiga ton ikan ini dirasa masih kurang bila dibandingkan luasnya Provinsi Maluku, sehingga diharapkan tahun depan jumlah ikan sehat yang dibagi lebih banyak dan menjangkau daerah lainnya di Provinsi Maluku.

"Namun saya sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BP2MHKP KKP dan seluruh jajaran BP2MHKP Ambon yang telah menyiapkan dan melaksanakan pembagian ikan sehat di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah Secara simbolis juga dilakukan penyerahan ikan sehat dan pelepasan mobil termoking yang akan mendistribusikan ikan sehat bermutu ke masyarakat," kata dia.


Baca juga: KKP gandeng wakil rakyat bagi 1.000 paket ikan segar di Maluku

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023