Dinas Perhubungan Kota Ambon mulai melakukan revitalisasi sejumlah fasilitas di Terminal Mardika dengan pengaspalan di sejumlah bagian dan perbaikan drainase saluran air.

"Proses pengaspalan telah dimulai di terminal B Mardika, alat berat sudah masuk untuk memulai proses revitalisasi yang direncanakan berlangsung hingga Desember 2023," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Yang Suitela, Kamis.

Proses revitalisasi katanya, seluruh pedagang yang menempati terminal B dilarang berjualan atau membuka lapak di area terminal.

Hal tersebut juga berlaku untuk angkutan umum tidak masuk area terminal, hanya bisa menurunkan dan menaikkan penumpang di luar terminal.

Sebelumnya Dishub telah berkomunikasi dengan koordinator pedagang Terminal A1 dan A2 bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di antaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Satpol PP, Bagian Hukum, dan seluruh pedagang untuk membongkar lapak.

Yang diawali dengan kegiatan pembersihan area terminal telah menjadi kesepakatan bersama Dishub dan para pedagang yang menempati area terminal, terutama di atas saluran air.

Kegiatan pekerjaan revitalisasi berupa pengaspalan dan perbaikan drainase masuk dalam anggaran Dishub Ambon Tahun 2023 sehingga harus segera dikerjakan.

"Kita telah mulai proses pengaspalan di Terminal B, setelah rampung maka dilanjutkan ke terminal A, dengan harapan seluruh proses pengerjaan cepat rampung dan aktivitas terminal kembali normal, " Katanya.

Ia mengakui, kondisi drainase di Pasar Mardika harus diutamakan perbaikan karena menjadi penyebab kerusakan lapisan aspal.

"Karena kita itu tidak bisa fokus untuk proses pengaspalan saja tapi juga harus penataan drainase, sehingga prosesnya dilakukan bersamaan, " Ujarnya.

Sementara itu salah satu pedagang, Aris menyatakan, mendukung langkah pemerintah untuk menata kawasan terminal Mardika.

"Prinsipnya kami mendukung proses revitalisasi terminal, kami pedagang di terminal A menunggu proses jika rampung dilakukan di terminal B, maka kami tidak berjualan sampai menunggu pengaspalan terminal selesai dikerjakan," Katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023