TNI bersama warga Maluku Tengah melakukan penataan desa dengan membuat trotoar untuk pejalan kaki dan aneka bunga di sepanjang jalan umum Desa Ameth II Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

"Antusias dan kerja sama yang baik antara Babinsa dengan pemerintah setempat juga warga terlihat pada kegiatan kerja bakti bersama pembuatan trotoar dan pot bunga di sepanjang jalan umum Desa Ameth II," ucap Dandim 1504/Ambon Letkol Tengku Sony Sonatha dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Selasa.

Dandim mengatakan hal ini menunjukkan bahwa terjalin hubungan kerja sama dan sinergi yang kuat antara TNI dengan rakyat di wilayah binaan Babinsa.

Sementara itu Babinsa Koramil 1504-08/Nusalaut Serda Saleh Asurati yang bertugas sebagai Babinsa Desa Ameth II mengatakan trotoar dan pot bunga ini dapat memberikan keamanan dan kenyamanan warga yang beraktivitas sehari-hari.

Trotoar di sepanjang jalan umum Desa Ameth II termasuk salah satu akses utama warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari baik di lingkup RT, RW dan setingkat Desa.

Keamanan dan keindahannya juga perlu diperhatikan, agar masyarakat dapat merasakan bentuk perhatian Pemerintah setempat khususnya pada sektor pembangunan dan penataan sarana dan prasarana umum di Desa Ameth II.

"Bahkan pot bunga ini dapat menghiasi indahnya di sepanjang jalan umum Desa Ameth II," tuturnya.

Ia berharap masyarakat dapat bertanggung jawab untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah dibangun supaya tetap awet dan tidak mudah rusak sehingga dapat digunakan serta dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang lama.

"Diharapkan juga ke depan Desa Ameth II ini menjadi desa percontohan dari segi penataan jalanan bagi desa lainnya di Maluku Tengah," ucapnya.

Sementara itu penataan desa juga dilakukan oleh Babinsa Koramil 1504/-04/Salahutu Sertu A Lestaluhu dengan bekerja bakti bersama, bahu-membahu dalam proses pekerjaan pengecoran lantai gedung balai pertemuan umum Dusun Tanjung Air Panas.

Peremajaan gedung itu dilakukan karena digunakan sebagai pusat kegiatan masyarakat Dusun Tanjung Air Panas dalam merencanakan atau menyelenggarakan seluruh kegiatan desa.*

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023