Penjabat Wali Kota Ambon mengajak warga yang mampu dan masih menerima bantuan sosial (bansos) untuk segera melaporkan diri agar data dapat diperbarui.

"Kalau bapak ibu merasa ada tetangga atau keluarga yang lebih layak mendapatkan bantuan segera diusulkan, tetapi jika ada tetangga yang mampu, sudah mapan tapi masih dapat bantuan, dilaporkan supaya data itu diperbarui," katanya saat perayaan satu Dekade Program Keluarga Harapan (PKH), di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, upaya tersebut dilakukan agar setiap orang yang berhak menerima bantuan tepat sasaran, sehingga tahun mendatang angka kemiskinan di Kota Ambon dapat menurun.

Menurut dia, kesenjangan dalam status sosial yaitu, kaya, menengah dan masyarakat miskin, adalah sebuah realita, dimana pihaknya berupaya agar masyarakat miskin terus berkurang.

Untuk mengatasi kesenjangan itu, maka pemerintah meluncurkan  bantuan sosial PKH, BLT dan berbagai program pemerintah lainnya untuk mengatasi kemiskinan.

"Pemerintah tidak pernah tinggal diam, melepaskan begitu saja masyarakatnya yang ada dalam kategori miskin atau masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan," katanya.

Bodewin menjelaskan, PKH ini program Kementerian Sosial Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Kota Ambon juga melakukan upaya lainnya untuk memberdayakan masyarakat miskin seperti pelatihan, penguatan UMKM dan mengarahkan dana CSR untuk pemberdayaan masyarakat.

Ia juga meminta, masyarakat untuk membantu pemerintah terkait data-data keluarga miskin. Jika ada tetangga yang memang harus menerima bantuan.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023